RT - readtimes.id

Polri Diminta Terlibat Atasi Kasus Perundungan di Sekolah

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Perundungan di sekolah hingga saat ini terjadi secara terus-menerus dan tak ada habisnya. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy mengungkap hal itu terjadi karena tidak ada solusi yang tepat bagi kasus perundungan.

Muhadjir menyebut dari 70 persen kasus perundungan, sebetulnya pelaku sudah terdeteksi sejak awal. Namun karena tidak adanya pembinaan yang memadai, sehingga kasus tersebut selalu berulang.

“Solusinya yang tidak tepat karena hanya dipindah dari sekolah satu ke sekolah yang lain dan tidak diikuti dengan pembinaan yang memadai,” ujarnya.

Menteri Koordinator PMK juga mengungkap bahwa saat ini Polri memiliki tambahan direktorat, yaitu tindak pidana perdagangan orang serta perlindungan perempuan dan anak. Sehingga, hal tersebut akan membantu pemerintah dalam upaya pembinaan dan penanganan kasus bullying.

Menurutnya dalam kasus perundungan tidak cukup jika diserahkan kepada lembaga pendidikan dan keluarga saja, seharusnya ada proses hukum yang berlaku dengan merujuk pada undang-undang yang berkaitan dengan pelaku pidana melibatkan anak di bawah umur.

Selain itu, sudah ada Permendikbudristek Nomor 46 Tahun 2023 yang digunakan sebagai panduan dalam menangani kasus perundungan.

Editor : Ramdha Mawaddha

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: