RT - readtimes.id

Ramai- ramai Dukung Ridwan Kamil Menyoal HAKI Citayam Fashion Week

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Sejumlah publik figur Tanah Air ramai-ramai mendukung statement Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengenai pendaftaran Citayam Fashion Week ( CFW) ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) oleh artis Baim Wong.

Seperti yang diketahui melalui PT Tiger Wong Entertainment, Baim dan istrinya Paula Verhoeven yang juga berprofesi sebagai model
mendaftarkan Citayam Fashion Week menjadi hak milik perusahaan mereka dengan dalih turut mendukung pengembangan kreativitas para remaja yang gemar nongkrong di kawasan Sudirman Central Business District ( SCBD) tersebut.

“Itu adalah achievement, Dan itu harus dibudidayakan. Dengan apa? Orang-orang seperti kita yg harus membantu mereka. Bukan karena kepentingan bisa dapat berapa? Tapi visinya itu mau dibawa sejauh apa? Dan sejauh apa kita percaya dengan tujuan itu ? Apa manfaatnya ini untuk orang banyak? Terlalu banyak resiko, Karena membuat sesuatu menjadi besar pasti memerlukan biaya,” ungkap Baim Wong seperti yang dikutip dari Detik pada Senin, (25/07l

Kendati demikian keputusan Baim Wong dan Paula ini dinilai kurang tepat oleh Ridwan Kamil. Melalui akun Instagramnya Gubernur Jawa Barat ini memandang bahwa tidak semestinya Citayam Fashion Week itu dikomersilkan.

” Tidak semua urusan di dunia ini harus selalu dilihat dari sisi komersil. Fenomena Citayam Fashion Week itu adalah gerakan organik akar rumput yang tumbuh kembangnya harus natural dan organik pula, ” tulis sosok yang juga pernah menjajal. panggung Citayam Fashion Week ini.

Menurutnya jika gerakan semacam ini di buat formal dan dibuat mewah oleh orang luar, justru gerakan tersebut akan cepat mati karena tidak sesuai dengan maksud dan tujuannya.

Ridwan Kamil juga meminta Baim Wong dan perusahaan lain seperti Indigo Aditya Nugroho mencabut pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual ( HAKI) Citayam Fashion Week di Kemenkumham dan memberikan kebebasan bagi para remaja di yang biasa berkumpul di kawasan dukuh atas ini untuk mengorganisir komunitasnya sendiri jika mereka menginginkannya tanpa ada campur tangan dari pihak luar.

Status RK ini pun mendapatkan komentar dari sejumlah publik figur dan akun bercentang biru. Pemeran dan Youtuber Jovial da Lopez misalnya menulis jika penjelasan RK sangat baik.

” Penjelasan terbaik di Internet. Terimakasih Pak Gub ! ” tulis Chief Creative Officer Narasi ini.

Berikutnya adalah pemeran Della Puspita yang melalui akunnya juga menuliskan sangat sedih dan menilai biarkan para remaja ini menentukan akan dibawa kemana kreativitas mereka.

” Well said Kang ! ” Tulis Renny Sutiyoso

” Begitulah kaum kapitalis, ” Tulis Sandi Sandoro Official.

” Nuhun kang Emil ” Tulis komika Uus diakhiri dengan emoticon kedua telapak tangan.

” Setuju. sama seperti di tweetku. Tetap organik ajah, engke mun di kitu kieu keun kalakah jadi eneug, ” tulis pembawa acara Hesti Purwadinata melalui akunnya @hestipurwadinata.

Berdasarkan pantauan readtimes.id pada Senin, ( 25) hingga pukul 16.30 WITA nama Paula masih menempati posisi trending topik pertama di Twitter dengan 28 ribu tweet. Banyak para pengguna sosial media itu mengungkapkan kekecewaannya kepada Baim Wong dan Paula Verhoeven serta mendukung apa yang dilakukan oleh Ridwan Kamil.

Editor : Ramdha Mawaddha

Avatar

Nihlah Qolby

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: