RT - readtimes.id

Respons Mundurnya Dua Kepala Otorita IKN, Wakil Ketua Komisi II DPR RI: Kita Juga Kaget

Readtimes.id– Wakil Ketua Komisi II DPR RI, Junimart Girsang mengaku terkejut mengenai mundurnya Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe dari posisi Kepala dan Wakil Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN)

Hal ini dia sampaikan usai melakukan kunjungan kerja spesifik komisi II DPR RI dalam rangka persiapan dan kesiapan penyelenggaraan tahapan pemilihan Kepala Daerah Serentak 2024 di Kantor Gubernur Sulsel.

“Kita juga kaget karena kita sering pertemuan dengan otoritas IKN dengan kepalanya dengan para pejabatnya mereka tidak pernah berbicara tentang itu, “ tuturnya pada wartawan, Selasa 4 Juni 2024.

Junimart mengatakan pihaknya akan memanggil keduanya dalam waktu dekat untuk dimintai keterangan atas pengunduran diri mereka, termasuk perihal gaji keduanya yang katanya tidak dibayarkan selama 11 bulan.

“Tetapi belakangan ini muncul berita, bahkan hari ini mereka mengaku 11 bulan tidak pernah digaji. Akhirnya Menteri Keuangan mengatakan itu dirapel,“ ucap Junimart.

“ Ini akan menjadi bagian pertanyaan kami dalam waktu dekat akan mengundang
mengundang otoritas IKN. Sesegera mungkin kami panggil, “ tambahnya

Politikus PDIP ini pun kembali menegaskan bahwa komisi II tidak tahu penyebab pasti mundurnya dua pimpinan otoritas IKN tersebut namun pihaknya akan berusaha mencari tahu.

“Kami tidak mau tahu penyebabnya tapi kami akan cari tahu kenapa demikian,” tegas Junimart.

Ketika ditanya perihal penunjukan Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono sebagai pelaksana tugas (plt) Kepala Otorita IKN menurutnya itu merupakan hak presiden.

“Soal penunjukan Pak Basuki itu kewenangan Presiden, tanya itu ke staf presiden soal itu kami DPR tidak bisa campuri kewenangan orang dan itu hak presiden,“ ucapnya.

Sebagai informasi, sebelumnya pengumuman mundurnya dua pimpinan IKN disampaikan langsung oleh Istana melalui Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno pada Senin 3 Juni 2024.

Pratikno mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menerima surat pengunduran diri dari Dhony yang disusul surat pengunduran dari Bambang.

“Beberapa waktu lalu Pak Presiden menerima surat pengunduran diri dari Wakil Kepala Otorita IKN, Pak Dhony Rahajoe. Kemudian beberapa waktu berikutnya Pak Presiden juga menerima surat pengunduran diri dari Pak Bambang Susantono,” kata Pratikno dalam konferensi pers di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: