RT - readtimes.id

Saffron, Khasiat Rempah Termahal untuk Kesehatan

Readtimes.id– Saffron, rempah asal Iran yang tengah memikat pasar Indonesia. Penjualan saffron meningkat drastis dari waktu ke waktu, seiring dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya hidup sehat dan ingin praktis dan higienis.

Saffron merupakan rempah herbal yang berasal dari bunga “Crocus sativus” yang kemudian dikeringkan dan digunakan bumbu makanan atau dibuat sebagai minuman.

Rempah khas Iran itu memiliki banyak khasiat, di antaranya pencegah kanker, mengurangi tekanan darah, melancarkan pencernaan, mengontrol suasana hati, mengurangi gejala haid, dan mengurangi gejala morning sickness pada ibu hamil.

Saffron memang dikenal memiliki banyak manfaat kesehatan karena zat yang terkandung di dalamnya. Namun tidak sedikit orang yang belum familiar bahkan tidak tahu apa itu saffron. Bunga ini termasuk bunga yang jarang mekar, hanya setahun sekali, sehingga harganya tidak lah murah.

Satu gram saffron biasanya dibanderol pada kisaran Rp60.000 hingga Rp90.000 yang berisi setidaknya 500-700 helai. Saffron lazimnya dikonsumsi dengan menyeduh 3-5 helai dalam satu cangkir air putih layaknya teh.

Kandungan antioksidan yang kuat, dipercaya bisa memperbaiki mood dan gejala depresi, menurunkan kadar gula darah, hingga mengurangi risiko penyakit jantung. Dan, di tengah pandemi seperti sekarang saffron bermanfaat untuk menjaga sistem imun tubuh.

Melansir dari Antara, Mutiara Nisa, Founder PT Herat Saffron Indonesia, salah satu distributor saffron di Indonesia, mengatakan saffron memiliki kadar antioksidan tinggi sehingga mampu meningkatkan daya tahan tubuh dan baik untuk proses pemulihan atau penyembuhan.

Saffron juga baik untuk mereka yang preventif, yang mempersiapkan imun tubuh untuk mengantisipasi jika ada virus masuk ke dalam tubuh.

“Saffron ini sebenarnya sangat potensial untuk pasar Indonesia. Hanya saja image yang terbentuk saffron merupakan rempah yang mahal, padahal tidak juga sebenarnya,” tambahnya.

Dengan begitu di saat pandemi Covid-19 sekarang ini, membuat masyarakat makin cerdas membeli produk mana yang benar-benar sesuai kebutuhan dan mampu meningkatkan imun tubuh terhadap Covid-19. Nah, Saffron ini bisa menjadi jawaban atas kebutuhan masyarakat untuk menjaga dan melindungi kesehatan kita dan keluarga.

Avatar

Fransiska Ignasia

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: