RT - readtimes.id

Serukan Pemilu Damai dan Bebas Intimidasi, Sivitas Akademika UI bacakan Deklarasi Kebangsaan

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Mahasiswa dan alumni Universitas Indonesia (UI) mengadakan deklarasi kebangsaan di Rotunda, UI, Depok, pada Jumat (2/2). Mereka mendorong terlaksananya Pemilu 2024 yang demokratis dan damai.

Pada deklarasinya, Ketua Dewan Guru Besar UI Harkristuti Harkrisnowo sebagai perwakilan menyatakan keprihatinannya terhadap kondisi tatanan hukum dan demokrasi.

“Kami, sivitas akademika Universitas Indonesia prihatin atas hancurnya tatanan hukum, dan demokrasi. Hilangnya etika bernegara dan bermasyarakat, terutama korupsi dan nepotisme telah menghancurkan kemanusiaan, dan merampas akses keadilan kelompok miskin terhadap hak pendidikan, kesehatan, layanan publik, dan berbagai kelayakan hidup,” ujarnya.

Harkristuti juga mengajak warga dan alumni Universitas Indonesia untuk mengawal proses Pemilu yang bebas dari intimidasi dan damai.

“Kami berdiri di sini, mengajak warga dan alumni Universitas Indonesia, untuk segera merapatkan barisan, guna mengutuk segala bentuk tindakan yang menindas kebebasan berekspresi, menuntut hak pilih rakyat dalam pemilu dapat dijalankan tanpa intimidasi dan ketakutan,” tambahnya.

Ia meminta agar semua perguruan tinggi bergerak untuk mengawasi dan mengawal proses Pemilu 2024 di wilayahnya masing-masing.

“Menyerukan agar semua perguruan tinggi di seluruh tanah air mengawasi dan mengawal secara ketat pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di wilayah masing-masing,” pungkasnya.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: