RT - readtimes.id

Sharing Session Dies Natalis ke-63, Fisip Unhas Hadirkan Tiga Ketua KPU Sulsel

Readtimes.id– Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Hasanuddin menggelar sharing session dengan menghadirkan tiga ketua KPU Provinsi Sulawesi Selatan yang merupakan alumni Fisip Unhas.

Adapun ketiganya adalah Hazbullah, (Ketua KPU Sulsel 2023-2028), Iqbal Latief (Ketua KPU Sulsel 2013-2018), dan Jayadi Nas (Ketua KPU Sulsel 2008-2013).

Dihadapan peserta, Hazbullah mengatakan bahwa saat ini KPU Sulsel sementara proses merumuskan tema Pilkada 2024. “Kami telah merumuskan dan mendiskusikan dengan beberapa guru besar, akademisi dan tokoh masyarakat serta budayawan terkait tema lokal pilkada yang akan kita dorong”, jelas ketua KPU Sulsel saat ini.

Dirinya mengaku telah mendorong sebuah tema yakni “Pilkada Untuk Kita”. Menurutnya, tema ini relevan dengan kondisi demokrasi Indonesia. Bahkan masyarakat memiliki peran penting dalam menyukseskan pilkada nantinya.

Sementara Iqbal, lebih menekankan bahwa calon ataupun penyelenggara pemilu dan pilkada harus berpegang pada beberapa prinsip. Diantaranya adalah memiliki integritas yang tinggi, paham dan menjalankan regulasi yang ditetapkan, bekerja sama dan memiliki jejaring sosial.

“Politik terkadang membenarkan berbagai metode, bahkan termasuk godaan terhadap penyelenggara. Jika suap tidak berhasil, upaya lain seperti godaan emosional mungkin digunakan. Oleh karena itu, integritas yang kuat sangat penting dalam konteks ini”, jelas ketua KPU periode 2013-2018 itu.

Terakhir, Jayandi dalam kesempatannya mengatakan bahwa meskipun menjadi penyelenggara pemilu memiliki banyak persyaratan. Yang terpenting adalah keberanian harus berlipat ganda.

“Pemilu-pilkada tidak hanya tentang penyelenggarannya secara teknis. Yang terpenting adalah bagaimana kita memberikan pendidikan politik kepada masyarakat. Praktek yang salah dalam pemilu seringkali disebabkan oleh pemahaman yang keliru di kalangan masyarakat”, sambungnya.

Sementara itu Ketua Dies Natalis Fisip Unhas, Endang Sari, S.IP., M.Si, mengatakan bahwa acara ini digelar sebagai rangkaian Dies Natalis Fisip Unhas. Puncaknya pada tanggal 12 Mei 2024.

“Ini merupakan bagian dari Dies Natalis Fisip tahun ini. Sebelumnya kami telah menyelenggarakan kegiatan serupa yakni pandu digital bersama Kominfo dan sharing Session “perjalanan alumni menuju rumah rakyat” serta yang sementara berjalan adalah seleksi naskah untuk konferensi internasional Hicospos,” jelas Endang.

Selain itu, dosen Ilmu Politik Unhas yang pernah berkiprah di KPU Makassar juga menjelaskan mengenai tema yang diangkat Dies Natalis Fisip tahun ini yakni ‘Kembali ke Rumah Sospol’. Pihaknya berharap tema ini akan jadi pengingat bagi alumni yang pernah berkiprah di luar tetap mengingat Sospol Unhas sebagai rumah untuk pulang dan berbagi.

Editor: Ramdha Mawadha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: