RT - readtimes.id

Siapkah Kita Hidup Berdampingan dengan Covid-19?

Readtimes.id– Program vaksinasi di Indonesia terus beradu kecepatan dengan kemampuan bermutasi virus corona yang variannya kian beragam serta mudah menular.

Selain mengejar kekebalan kelompok, upaya pengendalian covid-19 juga ditempuh pemerintah untuk membiasakan masyarakat patuh pada protokol kesehatan. Antara lain dengan 3M, 3T, dan mengurangi durasi kontak.

Kini hidup bersama wabah virus corona, penyebab penyakit vovid-19, tampaknya jadi pilihan banyak negara di dunia, tak terkecuali Indonesia.

Pada awal-pawal pandemi di Indonesia, pemerintah memunculkan wacana new normal, yang juga berkembang di banyak negara. Inilah cikal bakal munculnya rencana hidup berdampingan dengan virus SARS-CoV-2.

Dilansir dari Antara, Juru Bicara Vaksinasi covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengemukakan, pemerintah telah mempersiapkan peta jalan hidup berdampingan bersama covid. Tujuannya untuk menyeimbangkan kehidupan yang sehat dengan ketahanan sektor ekonomi nasional.

Strategi tersebut menyasar sejumlah sektor kebijakan, di antaranya protokol kesehatan berbasis teknologi informasi, testing dan tracing serta perawatan.

Memaksimalkan upaya pengendalian untuk melakukan proteksi secara maksimal telah dilakukan oleh pemerintah seperti yang kita lihat pada sektor teknologi yang diwujudkan lewat aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi ini dipakai secara nasional untuk membantu menjaga implementasi protokol kesehatan di berbagai fasilitas publik seperti mal, pasar, tempat ibadah, pariwisata, sekolah, angkutan umum dan sebagainya.

Pada sektor pelacakan kasus, pemerintah mengupayakan lewat kegiatan pengetesan epidemiologi dan penelusuran terus diperkuat secara terarah pada sasaran. Yang tentunya tidak kalah penting adalah perawatan atau terapi pada pasien covid-19 di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan yang terus ditingkatkan kapasitasnya.

Kendati demikian, upaya yang telah dikerahkan pemerintah tentunya tidak akan pernah cukup, sebab simpul dari permasalahan ini sesungguhnya ada pada perilaku masyarakat. Lantas, sudahkah Anda patuh pada protokol kesehatan? Siapkah kita hidup berdampingan dengan covid-19 ini?

Avatar

Fransiska Ignasia

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: