RT - readtimes.id

Soal Menteri Maju di Pilpres 2024, Jokowi: Yang Penting Jangan Pakai Fasilitas Negara

Readtimes.id– Presiden RI, Joko Widodo alias Jokowi, mengizinkan para menteri di Kabinet Indonesia Maju yang ingin maju sebagai calon presiden (capres) atau calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024.

“Diizinkan lah. Dari dulu-dulu juga gitu,” ucap Jokowi ketika ditemui di Gudang Bulog Dramaga, Bogor, Jawa Barat, pada Senin (11/9).

Jokowi pun menjelaskan para menteri yang akan maju tidak perlu mundur dari jabatannya. Menurutnya, birokrasi di Indonesia kini sudah mapan. Ia juga menerangkan agar para menteri yang maju Pilpres 2024 tak menggunakan fasilitas negara serta mengambil cuti ketika kampanye.

“Yang paling penting tidak menggunakan fasilitas negara. Yang kedua, kalau kampanye, cuti. Aturannya jelas,” kata dia.

Izin Jokowi ini seiring dalam putusan perkara Mahkamah Konstitusi (MK) nomor 68/PUU-XX/2022, dimana menteri diizinkan mencalonkan diri di Pilpres tanpa perlu mengundurkan diri.

Diketahui sebelumnya, Menteri yang digadang-gadang akan maju di antaranya Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto, Menteri Perekonomian (Menko) Airlangga Hartarto, Menteri BUMN Erick Thohir, hingga Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno. (TR)

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

9 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: