RT - readtimes.id

Solidaritas untuk Palestina, Kopi Buku Dialektika Adakan Gigs Solidaritas

Readtimes.id– Aksi solidaritas dilaksanakan di Kopi Buku Dialektika. Kegiatan tersebut mengusung tema “From the River to the Sea”.

Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda yang dilaksanakan selama sepekan pada 15 Januari – 22 Januari 2024. Gerakan tersebut memperingati Refaat al Areer dan penulis Palestina lainnya yang melawan kolonialisasi Israel.

Kegiatan yang diselenggarakan di Jl Perintis Kemerdekaan VII ini tidak hanya menjadi momentum mengenang Refaat al Areer yang menjadi lambang perlawanan terhadap kolonialisasi Israel sebelum kematiannya pada 7 Desember 2023, tetapi juga sebagai panggung bagi suara-suara solidaritas dari berbagai komunitas.

“Jadi ide awalnya memang Dialektika ingin turut dalam agenda sepekan itu untuk membaca karya-karya penulis Palestina. Namun, kami pikir agar gerakan ini dapat membesar kita membutuhkan sumber daya yg juga lebih besar, yang hanya bisa dilakukan dengan jalan kolaborasi,” jelas Koordinator Program Dialektika, Rahmadi, pada Readtimes, Senin (29/1).

Melalui diskusi dan berbagi gagasan dengan berbagai komunitas, termasuk tim awal yang kemudian berkembang menjadi kolaborator yang lebih besar. Kegiatan tersebut mulanya direncanakan sebagai pembacaan karya-karya penulis Palestina kemudian berkembang menjadi sebuah pertunjukan seni yang luas, dikenal sebagai “Gigs Solidaritas”.

Seni pertunjukan dipilih sebagai medium utama karena ketersediaan dan aksesibilitasnya bagi semua pihak yang terlibat.

“Pertama, kami memilihnya karena sumber daya yang tersedia untuk kolaborator, yang kami semua (kolaborator) punya akses untuk itu. Ini adalah bentuk solidaritas kami,” ujar Rahmadi.

Menurut Rahmadi, pemilihan medium panggung seni ditujukan untuk memperluas medium yang dapat menjangkau berbagai kalangan.

“Alasan selanjutnya adalah panggung seni dipilih untuk memperluas solidaritas melalui medium yang merangkul berbagai kalangan, termasuk seni,” tambahnya.

Selain panggung seni, aksi solidaritas untuk Palestina tersebut juga dilaksanakan untuk mengumpulkan donasi.

“Sampai Senin (29/1) donasi yang terkumpul sebanyak kurang lebih Rp2.120.000. Angka ini bukan hanya mencerminkan dukungan finansial, tetapi juga semangat solidaritas yang kuat dari berbagai individu dan komunitas,” pungkasnya. (AC)

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: