RT - readtimes.id

Tak Ada Angka 8 dan Zig-zag, Begini Model Ujian Praktik SIM C Terbaru

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Kepolisian Republik Indonesia (Polri) secara resmi memberlakukan model ujian praktik Penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) C yang baru. Model pengujian ini menggantikan materi angka 8 dan zig-zag.

Materi baru ujian praktik SIM C itu berupa model sirkuit yang mulai resmi diberlakukan hari ini Jumat 4 Agustus 2023 di seluruh Polda di Indonesia.

Materi baru ujian praktik SIM C meliputi empat pengetesan yang dirancang sebagai sebuah sirkuit. Ukuran lebar sirkuit ini diperbesar dari sebelumnya dan tak ada angka 8 atau zig-zag.

Ujian angka 8 diganti bagian lintasan sirkuit membentuk huruf S. Lebar lintasan diperbesar menjadi 2,5 kali lebih lebar dari kendaraan, sebelumnya hanya 1,5 kali lebih lebar.

Ujian huruf S dibuat sepanjang 35 meter, ujian pengereman 20 meter dengan jarak antarpatok menjadi 2,5 meter, ujian u-turn sepanjang 10 meter dengan 2 meter buat tikungan dan jarak antarpatok 3 meter.

Lalu ujian reaksi rem menghindar dilakukan di lintasan lurus 1,6 meter, panjang lintasan menghindar 4 meter dan jarak antarpatok 3 meter. Total panjang lintasan ini 24 meter.

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman, hal tersebut menindaklanjuti perintah Kapolri Jenderal Sigit Prabowo yang ingin angka 8 dan zig-zag dievaluasi karena dinilai masyarakat menyulitkan.

Materi baru disebut Latif bakal memudahkan masyarakat tetapi tak mengurangi aspek keselamatan dan keahlian berkendara sepeda motor.

“Intinya ada beberapa dianggap sulit tetapi tidak kurangi keselamatan dan keahliannya. Yang tadi angka 8 diganti huruf S jadi manuver ke kanan, manuver ke kiri sudah terakomodir di situ,” ujarnya. (FR)

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

9 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: