RT - readtimes.id

Terima Bantuan Modal Usaha PMW, Mahasiswa Unhas Ikuti Penandatangan Kontrak

Readtimes.id– Universitas Hasanuddin melalui Pokja Prestasi dan Wirausaha, Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir melakukan penandatanganan kontrak bagi mahasiswa penerima bantuan modal usaha pada Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) 2023, Jumat (09/06/2023).

Bertempat di Ruang Senat Gedung Rektorat, kegiatan ini dihadiri Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof drg Muhammad Ruslin, MKes PhD SpBM (K), Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Abdullah Sanusi PhD, Kasubdit Kemahasiswaan Muhammad Irdam Ferdiansyah SE MAcc PhD AK CA, Ketua Pokja Prestasi dan Wirausaha Dr Suhasman SHut MSi.

Dalam sambutannya, Prof Ruslin menyampaikan bahwa tahun ini mahasiswa yang terlibat dalam PMW lebih masif dibanding tahun-tahun sebelumnya. Di tahap awal terdapat 409 proposal ide bisnis yang mengikuti seleksi dengan melibatkan 2.322 mahasiswa aktif Unhas. Dari jumlah tersebut yang lolos mendapatkan pendanaan sebanyak 124 proposal atau 554 mahasiswa.

“Yang sempat lolos belum terlalu banyak, yaitu 124 proposal dengan total mahasiswa terlibat sebanyak 554. Jumlah pendanaannya mungkin tidak terlalu besar, tapi kita harapkan dampaknya bisa lebih besar,” ujar Prof Ruslin.

Lebih jauh Prof Ruslin menjelaskan bahwa kegiatan kewirausahaan mahasiswa ke depannya akan dihubungkan dengan aktivitas di kurikulum pendidikan Unhas yang baru, yaitu K23. Ke depan, Unhas merencanakan kegiatan PMW bisa dikonversi menjadi SKS bagi mahasiswa.

“Kami harap ini menjadi hal yang bisa memupuk semangat untuk berbeda dari yang lain. Karena kalau mau bersaing, harus punya kelebihan lain. Kami harap kegiatan PMW ini juga bisa menjadi hal positif bagi dosen juga,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pokja Prestasi dan Wirausaha, Suhasman menambahkan bahwa ada berbagai tahapan yang dilalui mahasiswa hingga akhirnya sampai pada tahap penandatanganan bantuan modal usaha.

“Pertama adalah tahap proposal ide bisnis, kemudian inspiring lecture, Unhas Entrepreneur Camp I dan II dan sesi pitching hingga akhirnya ditetapkan 124 proposal yang mendapat pendanaan,” jelas Suhasman.

Suhasman juga menerangkan data terkait partisipasi mahasiswa di program PMW tahun ini. Fakultas dengan partisipasi mahasiswa terbanyak diraih oleh Fakultas Pertanian dengan total mahasiswa terlibat 460 orang. Untuk mahasiswa terbanyak yang mendapat pendanaan juga diraih Fakultas Pertanian yaitu 146 orang.

Setelah sambutan dan laporan ketua pokja, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan kontrak bagi mahasiswa penerima bantuan modal usaha. Prosesi ini diwakili masing-masing mahasiswa di tiap kategori bidang usaha.

Penandatanganan ini disaksikan langsung oleh Wakil Rektor I, Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir dan Ketua Pokja Prestasi dan Wirausaha serta disaksikan oleh para dosen pembimbing wirausaha.

Selanjutnya, Unhas juga memberikan apresiasi kepada para dosen pembimbing PMW. Wakil Rektor I memberikan insentif secara simbolis kepada sejumlah perwakilan dosen.

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: