RT - readtimes.id

Tingkatkan Kompetensi Siswa, Dinas Pendidikan Kabupaten Buol Gandeng Zenius

Readtimes.id– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buol-Sulawesi Tengah berinisiatif menggandeng platform pendidikan berbasis teknologi, Zenius, untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Buol. Kerja sama yang akan terjalin hingga tahun 2025 mendatang ini akan meliputi penyelenggaraan try out, pendampingan belajar dengan materi dan metode yang terstruktur, dan pengukuran kompetensi siswa secara berkala.

Penandatanganan perjanjian kerja sama (Memorandum of Understanding/MoU) dilakukan oleh Pj. Bupati Kabupaten Buol, Drs. H. Muchlis, M.M dan AVP of Government Relations, Zenius, Mohamad Nurreza Rachman pada Rabu , (30/11).

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Kabupaten Buol, Drs. H. Muchlis, M.M mengatakan, Capaian hasil belajar dalam Rapor Pendidikan Tahun 2021 untuk SD dan SMP di Kabupaten Buol masih rendah dibandingkan dengan kota dan kabupaten lain di Sulawesi Tengah.

“Perbaikan mutu pendidikan merupakan salah satu program Pemerintah Kabupaten Buol, untuk itu lah kami menggandeng Zenius untuk meningkatkan kompetensi para siswa di Kabupaten Buol. Semoga kerjasama ini bisa membawa dampak positif terhadap siswa, guru, dan sekolah di Kabupaten Buol.”

Sebagai platform edtech terpilih, Zenius bersama dengan New Primagama Powered by Zenius bertanggung jawab untuk mempersiapkan soal try out, menyediakan “Learning Management System”, hingga merangkum laporan hasil pengerjaan Try Out AKM SD dan SMP untuk diserahkan kembali kepada pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Buol.

Dalam pelaksanaannya, siswa akan mengerjakan latihan soal AKM dalam dua subjek, yaitu Literasi dan Numerasi. Masing-masing subjek akan berisikan 20 soal yang dapat dikerjakan secara langsung melalui aplikasi/website Zenius.

Beberapa minggu sebelumnya, Zenius juga mengadakan try out Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT UTBK) yang diikuti oleh lebih dari 31 ribu siswa yang berasal dari lebih dari 350 SMA/SMK di seluruh Provinsi Sulawesi Selatan. Acara yang berlangsung dari 17-18 November ini merupakan try out yang ketiga yang diselenggarakan di Provinsi Sulawesi Selatan.

Sementara itu AVP of Government Relations, Zenius, Mohamad Nurreza Rachman, mengatakan bahwa pihaknya menyambut baik inisiatif dari Pemerintah Kabupaten Buol untuk bekerja sama dengan Zenius.

” Try Out AKM pertama ini akan menjadi basis awal untuk mengukur kompetensi siswa di masa mendatang. Semoga kerjasama ini bisa meningkatkan kompetensi para siswa di Kabupaten Buol” ujar Reza

Ke depannya, Zenius berharap dapat terus berkolaborasi dengan semakin banyak pihak dalam upaya peningkatan mutu pendidikan siswa-siswa di seluruh Indonesia.

Avatar

Nihlah Qolby

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: