RT - readtimes.id

Tingkatkan Penjualan Lewat Medsos? Baca Tips Ini

Readtimes.id – Dilansir dari riset Hootsuite “Digital Around The World 2019”, dari total 268,2 juta penduduk Indonesia, terungkap sebanyak 150 juta orang telah menggunakan media sosial.

Penggunanya didominasi kalangan usia milenial dan generasi Z. Mereka rata-rata menghabiskan waktu 3 setengah jam untuk berselancar di dunia maya. Fakta ini menunjukkan media sosial adalah pasar empuk bagi pengusaha.

Sementara itu, survey yang dilakukan Sea Insight mengungkap fakta sebanyak 54 persen dari responden kalangan UMKM menggunakan media sosial untuk berjualan. Survey itu juga membuktikan rata-rata UMKM Indonesia yang memanfaatkan jejaring sosial mampu meningkatkan pendapatan lebih dari 160 persen. Bagaimana caranya?

Disadur dari berbagai sumber, Read Times merangkum tips sederhana agar kamu memaksimalkan penjualan di media sosial.

Video Live

Video Live seperti memindahkan toko dan aktivitas toko kamu ke dunia maya. Dalam video live, kamu bisa mereview barang jualan, harga, jenis, kualitas. Karena sifatnya live, transaksi jual beli pun langsung bisa dilakukan. Platform yang menyediakan fitur ini yakni Facebook dan You Tube.

Pakai Jasa Influencer (endorse)

Influencer merupakan tokoh atau sosok yang populer dan memiliki banyak pengikut dii media sosial. Strategi ini termasuk yang paling jitu. Jika pun tidak secara tiba-tiba meningkatkan penjualan, cara ini bisa langsung mendongkrak pengikut di medsos toko kamu.

Bergabung di Komunitas

Bergabung dengan komunitas membuat kamu mengenali jenis produk apa yang lagi tren di kalangan pengikut komunitas. Termasuk keluhan-keluhan mereka tentang produk di pasaran. Misalnya komunitas ikan hias yang trennya berubah-ubah.

Pilih Medsos yang Tepat

Ini sangat penting untuk segmentasi target pasar produkmu. Misalnya kamu menjual baju kekinian, platform Instagram cocok untuk kamu jadikan market place. Pasalnya, rata-rata pengguna Instagram adalah usia milenial dan generasi Z. Berbeda dengan Facebook.

Gunakan Nama dan Logo yang Sama

Konsistensi adalah salah satu prinsip paling penting dalam bisnis. Cara ini penting untuk memastikan kamu mudah ditemukan di platfor medsos mana pun. Menggunakan nama dan foto profil yang berbeda-beda akan membingungkan calon pelanggan bahwa kamu adalah orang yang sama.

Poating Ulang Testimoni Pelanggan

Tidak ada satu pun pihak, termasuk kamu, yang layak memberikan penilaian terhadap produk kamu kecuali pelanggan. Maka mengunggah ulang terstimoni positif dari pelanggan lama akan meyakinkan calon pelanggan baru bahwa produk kamu layak dibeli.

Gunakan Bahasa Sederhana

Calon pembeli tidak akan mau menghabiskan waktunya hanya untuk mencerna dengan baik maksud kata-katamu. Maka, gunakanlah bahasa paling sederhana agar mudah dimengerti, dengan tetap memperhatikan sopan santun.

Avatar

Ona Mariani

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: