RT - readtimes.id

Tips Mudik yang Aman dan Tidak Membatalkan Puasa

Doc. Freepik

Readtimes.id– Meski menjadi agenda tahunan yang sering dinantikan, mudik terkadang menguras begitu banyak tenaga terlebih jika perjalanan yang dilakukan begitu jauh. Hal tersebut bisa membuat seseorang membatalkan puasa.

Agar tetap optimal menjalani ibadah puasa di bulan suci Ramadan meskipun lagi mudik, berikut tips dari Readtimes yang bisa kamu gunakan biar mudik tetap aman dan nyaman.

  1. Berangkat Pada Malam Hari

Kamu bisa memilih perjalanan di malam hari, terlebih jika perjalanan mudik cukup panjang dan membutuhkan waktu yang lama. Selain itu, kamu bisa tetap beristirahat dengan optimal dan bebas makan dan minum sehingga puasa tidak akan terganggu.

  1. Konsumsi Multivitamin

Mengkonsumsi multivitamin bisa menambah cadangan energi saat mudik. Untuk wanita, kamu bisa pilih vitamin yang mengandung banyak asam folat dan zat besi. Sedangkan untuk pria dapat memilih kandungan vitamin dan mineral yang tinggi agar kondisi fisik tetap terjaga dengan baik selama perjalanan.

  1. Sahur dengan Menu Sehat dan Porsi yang Cukup

Pastikan kamu mengonsumsi makanan sahur yang sehat dengan porsi yang cukup agar mempunyai tenaga ekstra. Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kamu tidak melewatkan makan sahur. Mudik membutuhkan energi, baik kamu menggunakan sarana transportasi umum ataupun naik kendaraan pribadi.

  1. Gunakan Pakaian yang Nyaman

Gunakan pakaian yang sedikit longgar agar bisa bergerak bebas. Usahakan menggunakan pakaian yang nyaman, jangan gunakan pakaian tebal dan panas.

  1. Istirahat yang Cukup

Sebelum berangkat mudik, pastikan kamu menjaga kesehatan agar tetap bugar selama dan setelah di perjalanan. Salah satu caranya, yaitu dengan tidur dan makan dengan cukup.

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: