RT - readtimes.id

Tips & Saran Dokter Cegah Serangan Jantung di Pesawat

Imobilitas menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan pembentukan clot (sumbatan pada pembuluh darah).

Dilansir dari data studi WHO, perjalanan pesawat diatas empat jam dapat peningkatan pembentukan clot (sumbatan pada pembuluh darah) 2-3 kali. Penyumbatan pembuluh darah ini sangat rentan bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit jantung.

dr. Eliza Techa Fattima pada Senin, 11/01/21 dihubungi oleh readtimes.id membagikan tips dan saran cegah serangan jantung di pesawat :

  1. Kontrol ke Dokter

Jika perjalananmu diatas 4 jam, kontrol ke dokter sangat disarankan untuk mengetahui kondisi tubuh apakah stabil untuk melakukan perjalanan atau tidak, terlebih jika kamu memiliki riwayat penyakit jantung.

Takut ke dokter karena Covid-19? Konsultasi secara online bersama dokter juga bisa dilakukan jika kamu tidak punya banyak keluhan sebelum melakukan perjalanan. Kontrol ini sangat penting guna mencegah serangan jantung.

  1. Perbanyak Minum Air Putih & Bergerak

Udara dalam kabin pesawat yang memiliki tingkat kelembapan lebih rendah dari kelembapan dalam ruangan dapat menyebabkan dehidrasi.

Perbanyak minum air putih dapat membantu mencegah dehidrasi. Tidak perlu takut untuk ke toilet karena banyak bergerak terutama bagian kaki dapat membantu terhindar dari penyumbatan pembuluh darah.

  1. Siapkan Obat

Perubahan tekanan udara di pesawat dan cuaca di tempat tujuan yang berbeda, bisa memberikan shock untuk tubuh. Menyiapkan obat yang sering di konsumsi adalah hal wajib yang harus dibawa guna mencegah terjadinya kondisi tubuh yang tidak stabil.

Sudah siap bepergian? Jangan lupakan tiga hal diatas ya!

Avatar

Ona Mariani

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: