RT - readtimes.id

Unhas Diharapkan Berpartisipasi pada Pengembangan Potensi Daerah Kabupaten Paser dan IKN

Readtimes.id — Universitas Hasanuddin menerima kunjungan resmi Pemerintah Daerah Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur. Rombongan yang dipimpin langsung oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Romi Erwinadi, M.Si, diterima oleh Sekretaris Universitas Prof Sumbangan Baja.

Kunjungan tersebut dalam rangka membahas tindak lanjut implementasi kerja sama kedua pihak yang berlangsung mulai pukul 09.30 Wita di Ruang Rapat A, Lantai 4 Gedung Rektorat, Kampus Unhas Tamalanrea, pada Jumat 1 Desember 2023.

Turut hadir dari Wakil Rektor Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan dan Bisnis Prof Adi Maulana, Sekretaris LPPM Prof Suharman Hamzah, serta perwakilan fakultas dan jajaran OPD Pemda Paser.

Mengawali kegiatan, Sekretaris Universitas Prof Sumbangan menyampaikan ucapan selamat datang kepada Pemda Paser di Unhas. Menurutnya, kunjungan ini selain membangun silaturahmi juga wujud komitmen kedua belah pihak dalam meningkatkan kolaborasi berbagai bidang.

Lebih lanjut, Prof Sumbangan mengatakan Unhas secara berkelanjutan terus membuka peluang kemitraan dengan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah. Dengan harapan, keterlibatan Unhas akan memberikan manfaat kepada masyarakat melalui ketersedian sumber daya manusia berkualitas yang dimiliki.

Pada kesempatan yang sama, Prof Adi menambahkan bahwa sebagai perguruan tinggi, membangun kemitraan bersama pemerintah daerah penting dilakukan. Dirinya menekankan pentingnya kerja sama antara perguruan tinggi dan pemerintah daerah dalam memajukan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Dirinya juga memberikan gambaran tentang capaian Unhas sebagai perguruan tinggi.

“Tentu kami siap membangun kolaborasi bersama Pemda Paser. Paser merupakan wilayah yang paling dekat dengan IKN, sehingga merupakan mitra strategis untuk bersama sama berkontribusi dalam IKN melalui implementasi kerja sama yang terarah, termasuk mendukung pengembangan daerah pemda Paser,” jelas Prof Adi.

Mewakili Bupati, Romi Erwinadi menyampaikan ucapan terima kasih atas keterbukaan Unhas. Dirinya mengatakan, kunjungan tersebut dalam rangka membahas lebih jauh berkaitan dengan penandatanganan MoU yang telah dilakukan sebelumnya bersama Unhas. Romi menuturkan, kehadiran Unhas dengan berbagai capaian dan sumber daya yang dimiliki akan memberikan dampak positif terhadap pembangunan daerah Paser.

“Hal ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kapasitas daerah Kabupaten Paser. Kami sangat senang Unhas bisa terlibat dalam mendorong potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Paser. Semoga akan hadir program kemitraan yang memberikan dampak besar kepada masyarakat,” jelas Romi.

Dalam sambutannya, Romi juga banyak memberikan gambaran tentang tantangan yang dihadapi Pemda Paser saat ini serta beberapa program penguatan yang akan dilakukan salah satunya dengan optimalisasi UMKM di daerah setempat.

Setelah sambutan, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan umum tentang Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) oleh Sekretaris Prof. Ir. Suharman Hamzah. Prof Suharman memberikan penjelasan secara rinci tentang LPPM termasuk puslitbang yang bisa berkolaborasi bersama Pemda Paser sesuai kebutuhan.

Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar, terjadi diskusi antar kedua pihak untuk membahas bersama implementasi kerja sama yang akan dilakukan ke depan. Kegiatan berakhir hingga pukul 11.30 Wita.

Editor : Ramdha Mawadda

Avatar

Dewi Purnamasakty

38 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: