RT - readtimes.id

Unhas Kembali Berangkatkan Tim Tanggap Darurat ke Luwu

Foto: Humas Unhas

Readtimes.id–Universitas Hasanuddin melalui Bidang Akademik dan Kemahasiswaan memberangkatkan tim tanggap darurat ke Kabupaten Luwu ini, Senin (6/5).

Tim tanggap darurat ini berjumlah 16 orang, terdiri dari tim SAR, tim kesehatan, perawat, trauma healing dan dokter gigi bedah mulut, serta Menwa. Tim ini merupakan tim kedua yang dikirim Unhas untuk membantu masa tanggap darurat bencana banjir dan longsor di Kabupaten Luwu di Sulawesi Selatan.

Rektor Unhas Prof. Jamaluddin Jompa, menyampaikan keprihatinannya atas bencana yang menimpa empat kabupaten di Sulsel.

“Tentu kita sangat prihatin atas bencana yang menimpa saudara kita di Luwu, Enrekang, Wajo, dan Sidrap,” kata Prof. JJ

Pemberangkatan tim Unhas yang kedua ini berdasarkan rapat koordinasi yang dipimpin oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas Prof Muhammad Ruslin pada Minggu 5 Mei di Gedung Rektorat.

Rapat tersebut dihadiri Kepala Pusat Studi Bencana Unhas, Tim Penanganan Banjir Sulsel masa Gubernur Prof Nurdin Abdullah yang juga Wakil Dekan 1 Kehutanan, Kasubdit Kelembagaan Mahasiswa, Kasubdit Pendidikan Berbasis Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Kasubdit Penyiapan Karir.

Tak hanya itu, turut hadir perwakilan dari FORBES dan UKM tingkat Universitas, Siaga Ners, Fisioterapi, Residen Bedah Mulut, Senat Mahasiswa Fakultas Teknik, Senat Mahasiswa FKG, Tim Bantuan Fisioterapi STERNUM dan Senat Mahasiswa Kehutanan.

Pada kesempatan ini Prof Ruslin menyampaikan beberapa poin penting terkait keberangkatan tim Unhas ke lokasi bencana.

“Tim tanggap darurat kedua akan ke Luwu ini, dijadwalkan di lokasi dari Senin sampai Sabtu yang dikoordinatori oleh Kepala Pusat Studi Bencana Unhas,” terangnya.

Setibanya di lokasi, tim Unhas akan berposko di Belopa dan Sulli. Tim akan memberikan bantuan evakuasi, observasi penyebab banjir dan penanganan banjir serta tanah longsor, dan melihat kebutuhan mendesak masyarakat yang terdampak bencana.

Diketahui, Unhas sebelumnya sudah memberangkatkan tim pertama yang terdiri dari SAR Unhas dan Tim Bantuan Medis Calcaneus Fakultas Kedokteran. Selanjutnya tim ketiga akan diberangkatkan pada 10 Mei mendatang.

Editor: Ramdha Mawadha

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: