RT - readtimes.id

Usai Dilantik sebagai Pj Bupati Buol, Muchlis Yojodolo Dinobatkan sebagai Tau Noto

Readtimes.id– Penjabat Bupati Buol, Muchlis Yojodolo dinobatkan sebagai Tau Noto “Mopo Tetu Mokoriok oleh kerajaan Buol pada Minggu,( 16/10).

Prosesi pemberian gelar tersebut langsung diberikan oleh Madika Raja Buol, Syafri Turungku, ketika Muchlis beserta rombongan dalam perjalanan hendak menuju rumah jabatan Bupati Buol.

Tau Noto artinya Orang Kita, dengan demikian Muchlis clis secara keseluruhan menurut adat dan kearifan tanah Pogogul diakui sebagai orang Buol, tanpa lagi memandangnya berasal dari suku mana.

Sedangkan “Mopo Tetu Mokoriok” yang merupakan Motto yang digunakan oleh Raja Buol kepada Muchlis artinya :Bersatu Bergerak: dengan makna kekompakan dan persatuan di Buol harus tetap terjaga dalam membangun Kabupaten Buol sebagai Rlipu Koponuku (kampung kesayangku).

” Terima kasih atas pemberian gelar ini. semoga makin mempererat silaturahmi,” kata Muchlis

Sebelumnya kedatangan Muchlis Yojodolo beserta rombongan disambut oleh keluarga kerajaan dan diikuti dengan penyematan selempang dan penutup kepala adat di depan halaman kerajaan.

Syafri Turungku berharap Pj Bupati Buol yang barusan dilantik agar membuka ruang untuk melestarikan dan menjaga adat Buol. Karena menurut Madika Raja Buol bahwa hampir 10 tahun terakhir budaya dan adat setempat hampir tak tersentuh.

Avatar

Nihlah Qolby

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: