RT - readtimes.id

WHO Cabut Kedaruratan Covid-19, Ini Penjelasannya

Readtimes.id– Dicabutnya status darurat global Covid-19 membuat banyak pihak bertanya. Apakah status pandemi dunia telah berakhir dan telah berubah menjadi endemi?

Sebelumnya, pencabutan status darurat global diumumkan oleh Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada Jumat, 5 Mei 2023. Pada pernyataannya, Tedros tidak menyebut kapan Covid-19 dimulai dan kapan berakhir.

Sebelumnya, istilah Pandemi Covid-19 mulai banyak digunakan sejak Maret 2020. Pada saat itu, WHO menyampaikan hasil penilaian terhadap Covid-19 yang saat itu berstatus sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC).

“WHO telah menilai wabah sepanjang waktu dan kami sangat peduli baik terhadap level yang mengkhawatirkan terkait persebaran maupun keparahan, dan level yang mengkhawatirkan atas kelambanan,” kata Tedros pada 11 Maret 2020.

Di sisi lain, Direktur Kedaruratan WHO Michael Ryan menyebut pihaknya tidak pernah menyebut kapan Covid-19 dimulai dan diakhiri. Namun, ia menegaskan bahwa pencabutan status kedaruratan tersebut diartikan sebagai berakhirnya kolaborasi internasional dan upaya pendanaan juga berganti fokus.

“Dalam banyak kasus, pandemi benar-benar berakhir ketika pandemi berikutnya dimulai,” ujar Ryan, dikutip dari Reuters, Sabtu 5 Mei 2023.

Kematian akibat Covid-19 mengalami penurunan belakangan ini, setelah mencapai puncaknya hingga 100 ribu orang dalam sepekan pada Januari 2021. Pada 24 April 2023, WHO mencatat angkanya berkurang menjadi 3.500-an dalam sepekan.

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

46 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: