RT - readtimes.id

KPU Makassar Sosialisasi Pemilu Serentak ke Pemuka Agama

Doc. Istimewa

Readtimes.id– KPU Kota Makassar bersama KPU Provinsi Sulawesi Selatan memberikan Sosialisasi Pemilu Serentak 2024 di Aula Keuskupan Agung, Jalan kajaolalido, Kelurahan Baru, Kec. Ujung Pandang, Makassar, Kamis ( 04/08).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kordiv. Sosdiklih Parmas KPU Sulsel, Ibu Misnah M. Attas, dan Kordiv Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Kota Makassar Endang Sari.

Sementara itu, peserta kegiatan ini adalah para pemuka agama Kristen Katolik dari berbagai paroki yang ada di Kota Makassar dan Sulsel.

Hadir memberi sambutan yaitu Uskup John Liku ada’. Sedangkan acara diskusi dipandu oleh Pastor Albert Arina.

Dalam sosialisasi ini disampaikan tentang pentingnya menggunakan hak pilih, bahaya politik uang pada Pemilu dan Pilkada, bentuk-bentuk politik uang uang harus dihindari, antisipasi masa kampanye yang rawan dengan ujaran kebencian dan serta penyebaran hoaks, serta pentingnya menjaga spirit kebangsaan demi kedaulatan pemilih dan menguatkan negara.

Selain itu, juga dijelaskan teknis menggunakan hak pilih pada Pemilu bagi warga yang ber KTP di luar Makassar yaitu melalui Surat Keterangan A5 atau formulir pindah memilih.

Selain itu juga disosialisasikan tata cara menggunakan aplikasi lindungi hakmu yang merupakan aplikasi data pemilih KPU untuk mengecek apakah yang bersangkutan sudah terdaftar sebagai pemilih atau tidak.

KPU Makassar juga menyampaikan bahwa Kelurahan Baru adalah salah satu dari 6 kelurahan dengan angka partisipasi terendah pada saat Pilkada Makassar tahun 2020. Kelurahan partisipasi terendah adalah Kel. Ende dengan angka partisipasi 43,95%, Kel. Daya 45%, Kel. Masale 47%, Kel. Melayu Baru 47,78% , Kel. Butung 47,86%, dan Kelurahan Baru 50,01%.

Editor: Ramdha Mawaddha

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: