RT - readtimes.id

Rappa dan Segala Keindahan Alamnya

Readtimes.id– Sulawesi Selatan memiliki keindahan alam yang beraneka ragam. Jadi tak heran bila banyak dijumpai lokasi wisata di setiap kabupatennya.

Nah, salah satu wisata alam yang dimiliki Sulawesi Selatan terdapat di Kabupaten Bone, tepatnya di Desa Rappa, Kecamatan Tonra.

Di Rappa ada beberapa tempat indah namun belum diketahui banyak orang. Biasanya kaum muda menyebutnya dengan istilah “hidden gem”.

Termasuk dalam kategori kawasan hutan produksi serta letaknya yang berada jauh dari perkotaan menjadi alasan mengapa beberapa tempat indah di Desa Rappa belum terekspos. Padahal jika ingin dikaji lebih dalam, Rappa memiliki potensi menjadi desa wisata.

Penasaran dengan tempat indah di Rappa? Berikut beberapa destinasi yang sudah dirangkum Readtimes.id dan bisa kamu kunjungi ketika sedang butuh liburan!

1. Sungai Timuru’e

Istilah Timuru’e diambil dari bahasa bugis yang berarti turun temurun, maksudnya sungai tersebut diperuntukkan bagi tiap warga yang memiliki keturunan asli Rappa.

Dikelilingi oleh hamparan sawah, bebatuan besar yang cantik, serta air bersih yang mengalir menjadi sebuah daya tarik tersendiri bagi tiap orang yang berkunjung ke sana.

2. Wisata Sumur Jompi

Jompi dalam bahasa Indonesia berarti mata air, di lokasi tersebut terdapat sebuah bebatuan kecil yang dialiri air. Meski memasuki musim kemarau, airnya tidak pernah habis.

Menurut mitos yang beredar di kalangan warga Desa Rappa, mandi di sumur jompi akan cepat mendatangkan jodoh lho!

3. Kawasan Hutan Pinus

Hampir sama dengan hutan pinus lainnya, hutan pinus di Rappa berada cukup jauh dari pemukiman warga. Butuh waktu sekitar kurang lebih 1 jam berjalan kaki untuk sampai kesana.

Meski lumayan menguras tenaga, namun akan terbayar lunas dengan kelap-kelip pemandangan indah Kabupaten Bone. Tak hanya itu, kawasan hutan pinus di Desa Rappa bisa dijadikan lokasi camping yang seru.

Satu lagi yang perlu kamu tahu, semua wisata yang ada di Desa Rappa tidak memiliki tiket masuk lho! jadi kamu tetap bisa liburan tanpa mengeluarkan biaya.

Itulah beberapa tempat indah di Rappa yang dapat menyegarkan kamu yang tengah bosan di tengah hiruk-pikuk aktivitas perkotaan. Meski harus menempuh jarak yang lumayan jauh, namun semua itu akan terbayarkan dengan kesejukan dan keindahan alam yang dimilikinya.

Editor : Ramdha Mawadda

Avatar

Dewi Purnamasakty

500 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: