RT - readtimes.id

Apple TV Plus Toreh Sejarah Baru, Raih Oscar Lewat “CODA”

Readtimes.id– Apple TV+ mencetak sejarah baru di dunia film, ia menjadi layanan streaming pertama yang meraih Piala Oscar untuk kategori film terbaik untuk “CODA”.

Dikutip dari Reuters, Selasa, Apple TV+ membeli “CODA” senilai 25 juta dolar Amerika Serikat pada 2021, debut film tersebut di Festival Film Sundance.

“CODA” sudah meraih banyak penghargaan bergengsi, antara lain dari Producers Guild, Screen Actors Guild dan Writers Guild.

Penghargaan dari Academy Awards juga merupakan pencapaian penting bagi layanan streaming tersebut. Sejak diluncurkan pada November 2019, Apple TV+ memiliki sejumlah serial original produksi mereka, namun, belum memiliki film atau acara televisi.

Kemunculan Apple TV+ di ajang penghargaan bermula pada September 2021, komedi “Ted Lasso” mendapat Emmy Award sebagai serial komedi terbaik.

Kategori film terbaik, best picture, pada ajang penghargaan Oscar juga menunjukkan perubahan industri perfilman sejak 2017.

Saat itu, Festival Film Cannes tidak mengizinkan film yang tidak ditayangkan di bioskop untuk berkompetisi mendapatkan piala Palme d’Or. Aturan ini dianggap meremehkan layanan streaming.

Ketika pandemi melanda pada 2020, bioskop terpaksa tutup. Academy of Motion Picture Arts and Sciences akhirnya mengubah aturan untuk sementara, film ditayangkan di bioskop selama tujuh hari.

Aturan ini menjadi angin segar bagi film yang pertama tayang melalui layanan streaming.

Film “CODA” bersaing ketat dengan “The Power of the Dog”, yang tayang di Netflix. Sutradara “The Power of the Dog”, Jane Campion, membawa pulang Piala Oscar untuk kategori sutradara terbaik.

Sumber: Antara
Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Nada Gamara Lembangan

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: