RT - readtimes.id

Bantuan Pangan 2024 Untuk Masyarakat Sulsel Segera Disalurkan

Doc. Istimewa

Readtimes.id — Penyaluran bantuan pangan tahap pertama tahun 2024 untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Provinsi Sulawesi Selatan akan segera dilakukan.

Pj Sekretaris Daerah Prov. Sulsel Andi Muhammad Arsjad bersama Perum Bulog Kantor Wilayah Sulselbar, Bapelitbangda Sulsel, dan Dinas Ketahanan Pangan telah menggelar rapat koordinasi pada Kamis, 25 Januari 2024 di Kantor Gubernur Sulsel untuk membahas rencana penyaluran tersebut.

Andi Muhammad Arsjad mengungkap, penyaluran bantuan pangan itu sudah seharusnya dilaksanakan mengikuti perintah Presiden Jokowi untuk periode Januari – Juli.

Pemerintah Kabupaten/Kota di Sulsel diharapkan agar segera merampungkan data yang dibutuhkan, termasuk data jumlah calon KPM yang akan menerima bantuan.

“Sekarang sudah ada petunjuk teknis penyaluran, sisa menunggu verifikasi dan validasi data dari Kabupaten/Kota,” ungkap Arsjad.

Ia menambahkan, program bantuan pangan tahun 2024 ini, pengelolaan data tidak lagi menjadi kewenangan Kementerian Sosial tapi kewenangan Menko PMK (Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), sehingga belum diketahui adanya perubahan data dari tahun sebelumnya dengan data penerima pada tahun ini.

Namun, hal tersebut tidak akan menjadi kendala. Pemerintah akan memastikan program ini dapat segera direalisasikan.

Arsjad menyebutkan, berdasarkan data dari Kementerian Sosial, jumlah penerima manfaat atau KPM pada 2023 lalu periode tahap pertama sebanyak 707.469 dengan kuantum kurang lebih 7 ton per bulan dan untuk tahap dua, pagu Sulsel sebanyak 685.354 KPM dengan kuantum sekitar 6 ton lebih perbulan.

Editor : Ramdha Mawaddha

Avatar

Dewi Purnamasakty

4 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: