RT - readtimes.id

Beri Pelatihan Persiapan Karir ke Mahasiswa, Unhas Hadirkan HR BUMN dan Perusahaan FMCG

Readtimes.id — Universitas Hasanuddin (Unhas) melalui Subdirektorat Penyiapan Karir (Career Center) Direktorat Kemahasiswaan secara rutin memberikan pelatihan persiapan karir kepada mahasiswa dan alumni melalui Hasanuddin Career Program (HCP).

HCP perdana di 2024 ini digelar pada Kamis (1/2/2024) di Gedung Ipteks Unhas. Career Center menghadirkan dua pembicara yang profesional di bidangnya. Pemateri pertama dari Head of Human Resources Division of PT Askrindo (Asuransi Kredit Indonesia), Zulfakhri dengan tema “Tips and Creative Techniques For Interview Questions”.

Pemateri kedua dengan tema “Strategies for Crafting A Striking CV” dibawakan Pradiazty Ayu selaku People and Organization Business Partner at PT Mars Symbioscience Indonesia. Mars merupakan perusahaan FMCG yang berpusat di Amerika dengan produk olahan cokelat dan makanan hewan peliharaan.

Kasubdit Penyiapan Karir Unhas, Burhan Kadir SS MA, dalam sambutannya menyampaikan bahwa HCP ini merupakan program rutin Career Center Unhas untuk menyiapkan mahasiswa dan fresh graduate memasuki dunia kerja.

Career Center Unhas menjalin kerja sama dengan berbagai instansi pemerintah maupun swasta untuk memberikan pelatihan persiapan karir.

“Selamat datang di Unhas tim dari Askrindo pusat. Terima kasih atas kerja sama yang sudah terjalin. Dan kepada peserta, selamat mengikuti kegiatan ini, semoga banyak insight baru yang bisa didapatkan,” ungkap Burhan Kadir.

Pada sesi pertama, pembicara Zulfakhri, membagikan seputar tips dan trik saat wawancara kerja. Ia menegaskan bahwa salah satu poin tambahan yang bisa didapat saat wawancara adalah pengetahuan tentang perusahaan yang dilamar.

“Saat Anda bisa menjelaskan tentang perusahaan yang dilamar, itu bisa menjadi poin penting saat wawancara,” ujarnya.

Selain tips dan trik wawancara kerja, Zulfakhri juga mengajak peserta berdiskusi tentang pengalaman wawancara kerja yang pernah dihadapi. Sesi ini berlangsung interaktif dan mendapat banyak atensi dari peserta.

Pada sesi kedua, peserta mendapat wawasan baru tentang penulisan curriculum vitae dari pemateri Pradiazty Ayu.

Mengawali pemaparannya, Ayu menjelaskan pentingnya peran teknologi dalam membantu pembuatan CV. Selain itu, Ayu juga memberi tips agar setiap CV dibuat spesifik dengan pekerjaan yang akan dilamar.

“Membuat CV tidak perlu desain yang bertele-tele. Sekarang perusahaan menggunakan AI untuk menyeleksi CV, jadi gunakanlah CV ATS,” ujarnya.

Selain dua materi di atas, peserta juga difasilitasi oleh Unhas tes TOEFL gratis. Tes yang bersifat prediction ini diharapkan bisa membantu mahasiswa dan alumni Unhas untuk mengetahui kemampuan Bahasa Inggris yang dimiliki.

Editor : Ramdha Mawadda

Avatar

Dewi Purnamasakty

2 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: