RT - readtimes.id

Buntut Kasus Rafael Alun, KPK Bakal Usut Geng Pegawai Ditjen Pajak

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut bahwa mereka memperoleh informasi tentang kelompok pejabat di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yang punya harta banyak.

Hal tersebut disampaikan KPK bersamaan dengan pemeriksaan terhadap harta kekayaan yang tak wajar milik pejabat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Rafael Alun Trisambodo.

“Kita (KPK) juga mendengar ada geng-gengnya seperti ini, tapi ka kita perlu cari tahu bagaimana polanya,” sebut Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan di Gedung Merah Putih, Rabu 1 Maret 2023.

Pahala menyebut bahwa KPK kini tengah menelusuri pola para pejabat tersebut saling terhubung dan mendapat penambahan harta.

“Penting untuk cari tahu polanya, seperti PPATK sebut menggunakan perantara, melalui PT dan sebagainya. Ini yang kami ingin dapatkan polanya,” sebutnya.

KPK mengkonfirmasi banyak hal dalam proses klarifikasi terhadap Rafael yang digelar pada Rabu, 1 Maret 2023. Untuk itu, ia menyebut KPK bakal memanggil Rafael kembali.

“Yang Yogyakarta sedang kita dalami LHKPN-nya dengan pola yang lain lagi. Jumlahnya enggak istimewa tapi hutangnya istimewa, kita lagi dalami. Saya yakin dalam 1-2 hari ini kita keluarkan surat tugas pemeriksaan, karena dari Kementerian Keuangan sebenarnya sama juga ini gimana. Saya pikir kolaborasi dengan Inspektorat Jenderal akan mengefektifkan pemeriksaan,” tambahnya.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: