RT - readtimes.id

Bupati dan Wabup Tolitoli Ikuti Pembukaan STQH Secara Virtual

Doc: Humas Tolitoli

Readtimes.id– Ceremonial pembukaan Seleksi Tilawatil Quran dan Hadist (STQH) ke-26 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2021 yang dilaksanakan secara virtual, diikuti oleh Bupati Tolitoli Amran Hi. Yahya bersama Wakil Bupati Tolitoli Moh. Besar Bantilan dari Suwot Pollimpungan (Aula) Kantor Bupati Tolitoli pada Jumat malam (28/8). 

Pada kegiatan itu, turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tolitoli Ny. Sriyanti Amran Dg. Parebba, Sekretaris Daerah Kabupaten Tolitoli selaku Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Moh. Asrul Bantilan, S.Sos bersama Ny. Eflin Flora Tambuwun, S.Pd, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, serta pejabat Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tolitoli.

Meskipun upacara pembukaannya dilaksanakan di Kota Banggai Kabupaten Banggai Laut selaku tuan rumah, STQH ke-26 Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah ini, secara resmi juga dibuka secara virtual oleh Gubeenur Sulawesi Tengah Hi. Rusdi Mastura dari Kota Palu yang diikuti oleh seluruh Kabupaten dan Kota di Sulawesi Tengah secara virtual dari daerah masing-masing. Di Kabupaten Tolitoli, seluruh sarana pendukung kelancaran pelaksanaan STQH virtual ini disiapkan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tolitoli.

Pelaksanaan lomba seluruh cabang pada event STQH kali ini, hanya dilakukan secara virtual dari daerah masing-masing, dimana seluruh Qari dan Qariah tidak berada dalam satu majelis dengan Dewan Hakim yang melakukan penilaian. Kabupaten Tolitoli menurunkan 16 orang Qari dan Qariah yang berlomba pada 8 jenis cabang yakni tilawah dewasa, 

tilawah kanak-kanak, Hifzil Qur’an 1 Juz, Hifzil Qur’an 5 Juz, Hifzil Qur’an 10 Juz, Hifzil Qur’an 20 Juz, Hadits 100 sanad dan Hadits 500 sanad dengan peserta masing-masing 2 orang pada setiap cabang.

Bupati Tolitoli Amran Hi Yahya dalam testimoninya mengatakan, kita bersyukur, meski di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini, dimana kita tidak diperkenankan untuk berkumpul dan berkerumun, tapi kita tetap dapat mengikuti STQH tahun ini meskipun dari jarak yang cukup jauh. Hal ini kata Bupati merupakan hal baru bagi kita semua, artinya dengan kemajuan teknologi, maka digitalisasi dalam hal apapun dapat dilakukan. 

Untuk itu melalui penyelenggaraan STQH ini, Bupati mengajak seluruh pencinta Al-Qur’an dan Hadist untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan sekaligus mensyi’arkan nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadist.

Sumber: Humas Tolitoli.

Avatar

Nihlah Qolby

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: