RT - readtimes.id

D-III Keperawatan Unhas Jalani Asesmen Akreditasi Minimum LAM-PTKes

Readtimes.id– Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes) melaksanakan visitasi dalam rangka asesmen lapangan akreditasi minimum Program Studi Diploma Tiga (D-III) Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin. Acara pembukaan visitasi berlangsung pukul 14.00 Wita di Ruang Senat Fakultas Keperawatan Unhas, Kampus Tamalanrea, Makassar, Kamis (2/6).

Turut hadir Dekan Fakultas Keperawatan Unhas Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp M.Si beserta jajarannya, Ketua Program Studi, Dosen, dan Staf Tenaga Kependidikan di lingkup Fakultas Keperawatan Unhas.

Pada kesempatan tersebut, tim Asesor LAM-PTKes yang akan melakukan visitasi akreditasi selama dua hari yakni, Abi Muhlisin HM, M.Kep, dan Susy Puspasari, S.Kep., Ns., M.Kep.

Mengawali kegiatan, Dr. Ariyanti Saleh, S.Kp., M.Si., dalam sambutannya menyambut kedatangan para asesor. Visitasi ini merupakan momentum bagi Prodi D-III Fakultas Keperawatan Unhas untuk menjelaskan secara langsung pelayanan fasilitas pembelajaran yang dihadirkan.

Lebih lanjut, Dr. Ariyanti memaparkan sejarah singkat terbentuknya Prodi D-III Keperawatan Fakultas Keperawatan Unhas yang dilatarbelakangi oleh Kejadian Luar Biasa (KLB) malnutrisi dan penyakit campak di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua yang terjadi di awal tahun 2018.

Kurangnya tenaga kesehatan terlatih yang bisa menjangkau berbagai pemukiman masyarakat Asmat yang tinggal di berbagai distrik yang tersebar menjadi fokus utama pengembangan kesehatan di wilayah tersebut. Sehingga kemudian program ini terbentuk dan dijalankan berdasarkan kerja sama antara Unhas dan Pemerintah Kabupaten Asmat.

“Program ini kemudian dirancang sedemikian rupa secara terintegrasi untuk menghasilkan tenaga kesehatan dengan kompetensi utama keperawatan yang disiapkan secara mentalitas penuh dan siap kembali mengabdi untuk bekerja di daerah terpencil di distrik-distrik mereka berasal sesuai dengan kebijakan ketenagaan Pemerintah Kabupaten Asmat,” jelas Dr. Ariyanti.

Fakultas Keperawatan Unhas menyediakan seluruh fasilitas pendukung pembelajaran ruang kelas dan laboratorium yang telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana memadai bagi mahasiswa sebagai media praktikum dan pengembangan keterampilan serta pemahaman prosedur keperawatan.

Mewakili tim asesor, Abi Muhlisin menuturkan bahwa proses visitasi bertujuan menjamin dan memastikan keberlanjutan mutu pendidikan prodi terkait. Hasil visitasi nantinya akan disampaikan kepada LAM-PTKes untuk dilakukan analisis dan validasi sebelum memberikan hasil asesmen.

Proses visitasi LAM-PTKes untuk Prodi D-III Keperawatan Fakultas Keperawatan Unhas kemudian dilanjutkan dengan peninjauan lapangan oleh tim asesor dan dijadwalkan akan berlangsung hingga esok hari, pada Jumat (7/6).

Avatar

Nihlah Qolby

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: