RT - readtimes.id

Doktor Rahmad Sampaikan Gagasannya tentang Pembangunan Donggala di Musrenbang

Readtimes.id– Doktor Rahmad M Arsyad sampaikan gagasannya di Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Donggala tahun 2025-2045.

Sosok yang kini menjadi nahkoda Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Kabupaten Donggala ini menyampaikan 9 poin idenya untuk pembangunan jangka panjang Kabupaten Donggala.

” Kami sampaikan yang pertama pembangunan Kawasan Industri Donggala (KIDA) berbasis Agro-Maritim di wilayah Pantai Barat. Kedua Revitalisasi Kota Tua Banawa sebagai pusat pariwisata dan event berbasis wisata sejarah dan maritim kelas dunia”, ujar Rahmad pada 4 April 2024.

Selanjutnya yang ketiga, 1 Bumdes 1 Miliar untuk usaha Agro-Maritim ( Pertanian, Perkebunan dan Kelautan) serta desa wisata.

Adapun di sektor pendidikan dan kesehatan, sosok dengan latar belakang dosen ini menggagas beasiswa pendidikan gratis bagi mahasiswa Donggala dan pelayanan kesehatan berbasis mobile preventif atau dokter mobil.

Kemudian percepatan pembangunan infrastruktur akses jalan kantong produksi, pertanian dan perkebunan serta realisasi pembangunan dan konektivitas jalan dan infrastruktur prioritas bagi 3 Kecamatan Rio pakava, Pinembani, Balaesang Tanjung

Adapun untuk ibu dan anak Rahmad mengkaku pemerintah ke depan akan berfokus pada adanya percepatan penurunan stunting dan jaminan gizi bagi ibu dan anak serta jaminan pangan bagi orang tua tunggal perempuan (janda) dan lansia.

Selanjutnya untuk reformasi birokrasi berbasis pelayanan digital dan penempatan birokrasi lewat manajemen talenta berbasis kompetensi pendidikan dan pengalaman karir.

Berikutnya di sektor ekonomi dan pemuda Donggala akan menciptakan seribu pengusaha muda yang bergerak di entrepreneur digital berbasis UMKM, pasar komoditi pertanian, perkebunan Kelautan dan peternakan.

“Selanjutnya yang penting juga adanya jaminan hidup bulanan (Pangan Gratis) bagi imam masjid, guru mengaji dan pengelola rumah ibadah seluruh agama di setiap desa,” tutur Rahmad.

Nahkoda MD KAHMI Donggala ini juga menyatakan bahwa saat ini dirinya tengah mendapatkan mandat dari partai Golkar untuk maju sebagai Bupati Donggala di Pilkada November mendatang.

Editor: Ramdha Mawadha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

1,449 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: