RT - readtimes.id

Donggala Terus Siapkan Diri Jadi Kawasan Pangan Nusantara

Readtimes.id– Kabupaten Donggala yang terletak di Sulawesi Tengah kini terus berbenah usai ditetapkan sebagai salah satu daerah penyangga Ibu Kota Nusantara (IKN) yang terletak di Kalimantan Timur.

Adapun pertanian merupakan salah satu sektor yang kini tengah dikembangkan oleh pemerintah setempat selain transportasi dan pertambangan.

Berlokasi di Desa Talaga, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala, pemerintah kini tengah membangun sebuah Kawasan Pangan Nusantara (KPN) Program Peningkatan Penyediaan Pangan Nasional atau Food Estate (FE).

Sejumlah pembangunan infrastruktur pun kini tengah dilakukan untuk mendukung proyek nasional tersebut. Mulai dari jalan, infrastruktur perairan dan instalasi listrik tenaga surya

Sambutan Masyarakat Setempat

Pembangunan Kawasan Pangan Nusantara (KPN) ini mendapatkan respon positif dari masyarakat setempat. Kehadiran infrastruktur jalan dan perairan diakui memudahkan masyarakat saat berkebun.

“Keberadaan KPN di sini sangat diterima oleh masyarakat. Karena masyarakat sekitar telah menikmati sebagian dari pembangunan KPN, dengan itu mereka merasa sangat terbantu terutama pada akses jalan dan air,” kata Camat Dampelas, Arwin, seperti yang dilansir dari media lokal setempat pada Rabu, (28/9).

Pihaknya mengaku sebelum ada proyek KPN di kawasan tersebut, tidak ada jalan yang bisa digunakan masyarakat. Alhasil, untuk berkebun masyarakat harus menempuh waktu berjam-jam. Begitupun juga dengan air yang sulit untuk didapatkan sehingga masyarakat meninggalkan perkebunannya.

Patut diketahui, selain pembangunan infrastruktur keperluan KPN, pemerintah Sulawesi Tengah juga mulai menerapkan desa pintar (smart village) di desa. Desa Talaga yang terletak di Kecamatan Dampelas ini menjadi salah satu desa dari 20 desa yang ditargetkan Pemda untuk menjadi desa mandiri dengan memanfaatkan teknologi tepat guna dalam pembangunan desa.

Avatar

Nihlah Qolby

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: