RT - readtimes.id

Forum Lingkar Pena UNM Gelar Seminar Kepenulisan untuk Pemula

Readtimes.id– Forum Lingkar Pena ranting Universitas Negeri Makassar (FLP UNM) menggelar seminar kepenulisan dengan mengusung tema, “Berkarya dan Berprestasi Bersama FLP UNM” pada, Minggu, 17/08.

Kegiatan yang digelar di sebuah kafe di Makassar ini menghadirkan penulis buku “Luka Paling Ikhlas”, Rahmat Budianto, dan Alfiqi Dwiva Annisi, juara II Action Plan Competition – Nusantara Environment Protection.

Rahmat Budianto dalam kesempatan ini memberikan spirit kepenulisan kepada calon-calon kader FLP untuk menulis di media lokal serta berbagi pengalaman saat menulis.

“Yang pertama pelajari medianya terlebih dahulu, pelajari struktur tulisan yang sering dimuat pada media yang dituju, setelah itu cari topik yang ingin diangkat. Usahakan topik yang sedang tren dibicarakan, lalu mulai menulis. Perhatikan juga persenan data dan opini pribadi yang ingin dimasukkan dalam tulisan,” ujar Rahmat Budianto yang juga ketua FLP UNM periode 2020/2021.

Lebih lanjut ia juga berbagi tips ketika penulis kehabisan ide di tengah jalan, yakni dengan cara mengendapkan tulisan. Mengalihkan pikiran dengan kegiatan lain seperti menambah referensi, misalnya dengan membaca, mendengar musik atau mungkin jalan-jalan kecil.

Sementara itu Alfiqi Dwiva Annisi berbagai tips menulis karya non fiksi yang menurutnya tak jauh berbeda dengan karya fiksi.

“Menentukan topik atau tema penelitian, cara ini sangat penting karena topik merupakan inti dari semua isi tulisan yang akan disampaikan kepada para khalayak,” ujar Alfi.

Avatar

Nihlah Qolby

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: