RT - readtimes.id

Gelar Sosialisasi ke Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi, Bupati Donggala Tegaskan Jaminan Keterbukaan Informasi

Readtimes.id– Pemerintah Kabupaten Donggala menggelar sosialisasi kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumen (PPID) tentang pengelolaan website daerah, absen digital dan tanda tangan elektronik di lingkup pemerintah daerah.

Bupati Donggala Kasman Lassa memberikan sambutan pada kegiatan sosialisasi tersebut yang bertempat di Aula Kasiromu Kantor Bupati Donggala, Senin, (17/10/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Donggala menyampaikan kepada hadirin bahwa era keterbukaan informasi saat ini merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik lainnya serta segala sesuatunya yang mengacu kepada kepentingan publik terkhusus di Pemerintahan Kabupaten Donggala.

Bupati Donggala dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa Pemerintahan Kabupaten Donggala menjamin keterbukaan informasi kepada publik yang transparan dan akuntabilitas terhadap penyelenggaraan kegiatan pemerintahan.

“Hal ini penting untuk menjaga kepercayaan publik serta mendorong partisipasi publik,” ujarnya dalam keterangan pers yang diterima readtimes.id, Selasa (18/10/2022).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa tidak semua informasi itu bersifat publik terutama yang berkaitan dengan informasi yang dikecualikan, diharapkan agar kepala-kepala OPD memahami terkait masalah ini.

Diakhir sambutannya, Bupati Donggala menjelaskan bahwa aparatur pemerintah yang memiliki kompetensi di bidang pengelolaan dokumentasi dan informasi harus memahami dan memanfaatkan TIK.

Selain itu, bekerja secara lebih terkoordinasi dan bersinergi dalam memberikan informasi kepada masyarakat sesuai dengan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Avatar

Nihlah Qolby

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: