RT - readtimes.id

Gubernur Sulteng Tandatangani MoU Bersama CEO K-Water

Readtimes.id– Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Bersama CEO K- Water Woo Seok Lee

Penandatangan MoU tersebut dilaksanakan di kantor K-water di Deanjhong pada Jumat (7/10/22).

Kesepakatan kerja sama tersebut terkait pengembangan energi terbarukan di Sulawesi Tengah.

Penandatangan MoU terkait pengembangan energi terbarukan di Sulawesi Tengah ini merupakan tindak lanjut pembicaraan Presiden Joko Widodo tentang pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Bongka.

“Hari ini telah ditandatangani kesepakatan konsorsium antara K-Water, Kind, DL EnC dan Bongka Nova Energi dan juga penandatangan MoU Gubernur Sulawesi Tengah bersama K- Water terkait pengembangan energi terbarukan di Sulawesi Tengah,” ujar Gubernur Sulteng.

Pada kesempatan itu Gubernur Sulawesi Tengah didampingi Bupati Tojo Una-Una, Kadis ESDM, Kadis PTSP, kepala Dinas Cipta Karya dan SDA, dan Tim Ahli Gubernur Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan SDA.

Tim Ahli Gubernur Bidang HAM dan Pemberdayaan Masyarakat Ridha Saleh, menyampaikan bahwa setelah dilakukan penandatanganan MoU, kedua pihak merasa senang dengan adanya kerja sama di bidang energi di Provinsi Sulawesi Tengah ini.

Khususnya untuk mempercepat pembangunan proyek PLTA Bongka sebesar 200 MW. Proyek ini sudah dibicarakan saat Presiden Jokowi berkunjung ke Korea Selatan pada September lalu.

Proyek PLTA Bongka dianggap sebagai proyek yang bermakna untuk menyalurkan tenaga listrik di wilayah Sulawesi Tengah dan mengganti sistem energi yang ada dengan energi terbarukan.

K-water berencana aktif melaksanakan proyek investasi PLTA Indonesia untuk pertama kalinya, menyusul proyek air Karian.

Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih karena dapat berkunjung ke Korea Selatan untuk memenuhi undangan K- Water.

Gubernur menyampaikan, Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten sangat bangga dan mendukung proyek pembangunan PLTA Bongka dengan Kapasitas 200 MW.

Ia melanjutkan bahwa pengembangan energi terbarukan merupakan jawaban atas tuntutan masyarakat global untuk Mengalihkan pemanfaatan energi fosil ke energi terbarukan.

“Proyek ini akan menjadi proyek terbesar di Indonesia. Semoga yang kita rencanakan mendapat Ridho dari Allah SWT,” pungkas gubernur.

Editor: Ramdha Mawaddha.

Avatar

Nihlah Qolby

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: