RT - readtimes.id

Guru Besar Unhas Raih MURI Penulis Buku Teknik Bandar Udara dan Transportasi Terbanyak

Readtimes.id- Guru Besar Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin Prof Sakti Adji Adisasmita Ph.D yang meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas prestasinya sebagai penulis buku Teknik Bandar Udara dan Transportasi Terbanyak. Penghargaan tersebut diberikan secara langsung pada Jumat (24/02) di Jakarta.

Melalui wawancara, Prof Sakti menyampaikan ungkapan rasa syukur dan senangnya atas penghargaan yang diberikan oleh Rekor MURI. Dirinya mengatakan, sebagai seorang profesor, tentunya harus tetap aktif berkarya dalam bidang akademik baik secara nasional maupun internasional.

Prof Sakti mengatakan, pertama kali menulis buku di tahun 2011 sebagai salah satu bagian dari pemenuhan jabatan Guru Besar. Namun, seiring berjalan waktu aktivitas tersebut menjadi kebiasaan dan hobi hingga saat ini.

“Menulis buku terkait Transportasi dan Bandar Udara yang disesuaikan dengan pengalaman di lapangan. Hingga saat ini, kurang lebih ada 20 buku yang sudah saya hasilkan. Insya Allah tahun ini akan bertambah lagi sekitar 2 sampai 3 buku. Buku tersebut sudah dicetak di Graha Ilmu dan beredar di toko buku Gramedia seluruh Indonesia, juga tersedia dalam bentuk digital dan huruf brraille,” jelas Prof. Sakti.

Lebih lanjut, Prof. Sakti menuturkan selama proses menghasilkan sebuah buku, tentu terdapat hambatan atau tantangan tersendiri. Namun, dengan pengaturan waktu yang tepat dan rutin setiap hari dilakukan menjadi satu hal yang banyak membantu dalam menghasilkan buku. Untuk menghindari rasa jenuh, Prof. Sakti melakukan beberapa teknik positif dan tidak monoton agar karya yang dibuat terus bertambah.

Dirinya mengharapkan, buku yang telah diterbitkan dapat memberikan masukan dan informasi baru kepada para pembaca yang tertarik dalam bidang Transportasi dan Bandar Udara. Tidak hanya itu, buku yang dihasilkan secara umum hadir sebagai sarana membagi ilmu, mengajak para pembaca memahami dan berkiprah dalam perencanaan, pembangunan, pengembangan prasarana transportasi, agar sistem transportasi Indonesia semakin efektif dan efisien.

Secara umum, Prof Sakti merupakan salah satu guru besar Fakultas Teknik Unhas yang banyak terlibat dalam berbagai kegiatan skala nasional dan internasional. Selain fokus menghasilkan buku, beliau juga banyak berkarya dalam membuat jurnal nasional dan internasional, aktif sebagai narasumber di berbagai forum, serta membagi ilmu secara online.

Avatar

Dewi Purnamasakty

2 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: