RT - readtimes.id

Hadiri Peringatan Hari Pers, Jokowi Singgung Algoritma

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 yang dihelat di Medan pada Kamis, 9 Februari 2023.

Ia menegaskan saat ini dunia pers sedang tidak baik-baik saja. Menurutnya, perusahaan-perusahaan pers saat ini menghadapi tantangan banjir informasi media sosial. Pada saat yang sama, pers juga sedang menghadapi tantangan ekonomi.

“Dunia pers tidak sedang baik-baik saja. Saya ulang, dunia pers tidak sedang baik-baik saja,” ujar Jokowi pada sambutannya di panggung HPN 2023.

Menurutnya, penyebaran informasi pada masa sekarang justru dibanjiri media tanpa redaksi. Media baru tersebut kebanyakan diatur oleh kecerdasan buatan yang hanya mengutamakan sisi komersial saja.

“Algoritma raksasa digital cenderung mementingkan sisi komersial saja, hanya akan mendorong konten-konten recehan yang sensasional,” sebut Jokowi.

Ia juga mengungkap ancaman dari peralihan sumber dana pers karena terjadinya migrasi iklan. Sekarang, ada 60 persen iklan media massa yang sudah bergeser ke media platform asing.

Demi menyikapi sejumlah ancaman tersebut, Jokowi bakal menyiapkan dua peraturan baru di Hari Pers Nasional 2023. Dua aturan tersebut nantinya bakal berkaitan dengan tanggung jawab media platform asing dan kerja sama platform asing dengan media massa konvensional.

“Saran saya bertemu kemudian dalam satu bulan ini harus selesai menangani Perpres ini. Jangan lebih dari satu bulan,” tambahnya.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: