RT - readtimes.id

Harapan Para Capres Cawapres Usai Penetapan Nomor Urut

Readtimes.id– Pertarungan Pilpres resmi dimulai. KPU telah menggelar rapat pleno terbuka dan penentuan nomor urut pasangan Capres Cawapres tadi malam, Selasa 14 November 2023.

Hasilnya, Anies-Muhaimin mendapatkan nomor urut 1, sedangkan Prabowo-Gibran nomor urut 2 dan Ganjar- Mahfud nomor urut 3.

Sejumlah harapan disampaikan oleh capres-cawapres dalam pidatonya usai penentuan nomor urut. Muhaimin Iskandar sebagai wakil dari Capres Anies Baswedan yang mendapatkan nomor urut 1 mengibaratkan pemilu kali ini seperti main bola. Dia berharap semua peserta bermain sportif dan terbuka.

Sosok yang akrab disapa Cak Imin ini bahkan mengajak jika ada pemain yang curang, maka harus diteriaki. Begitu pula jika ditemukan ada wasit yang merangkap pemain perlu disebarluaskan.

” Kalau pemilu berjalan baik, legitimate, dan objektif, Insya Allah negeri ini akan tetap bersatu dan kuat,” ujar Ketua Partai Kebangkitan Bangsa itu.

Sependapat dengan Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto Capres nomor urut 2 juga menuturkan bahwa kejujuran itu harus utuh dalam pemilu ini. Karena menurutnya jika tidak, itu akan mengkhianati bangsa.

“Jadi saya sangat sependapat dengan aspirasi paslon nomor urut 1. Memang kita harus bersyukur dan yakin KPU akan melaksanakan pemilu dengan sebaik-baiknya dan sejujurnya-jujurnya, dengan seadil-adilnya tanpa kecurangan,” ujar pasangan Gibran tersebut.

Selanjutnya adalah Ganjar Pranowo yang mewakili pasangan Capres-cawapres Ganjar-Mahfud yang mendapatkan nomor urut tiga agar kiranya pemilu ini dapat menjaga persatuan bangsa.

Menurut dia, kewajiban bersama untuk menjaga, memastikan, demokrasi bisa berjalan dengan baik kendati sekarang tidak baik-baik saja.

“Diam itu bukan pilihan. Bicara ungkapkan, dan laporkan praktik-praktik tidak baik yang akan mencederai demokrasi,” kata Ganjar sembari mengingatkan bahwa demokrasi yang jujur, adil jauh dari unsur korupsi, kolusi dan nepotisme.

Editor : Ramdha Mawaddha

Avatar

Dewi Purnamasakty

40 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: