RT - readtimes.id

Hubungkan Sejumlah Tempat Strategis, Wali Kota Makassar Rancang Metro Kapsul

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto berencana untuk membuat metro kapsul yakni moda transportasi publik yang nantinya menghubungkan sejumlah tempat strategis di Makassar.

Moda transportasi ini rencananya akan terhubung dengan stadion kawasan GOR Sudiang dan menjadi feeder kereta api Parepare-Makassar.

Ia juga menambahkan, metro kapsul tersebut bakal terhubung dengan berbagai lokasi di Makassar. Ia berharap rencana tersebut dapat menghidupkan tempat-tempat yang dilintasi oleh metro kapsul.

“Intinya adalah semua ruang-ruang yang belum hidup, misalnya, Benteng Somba Opu, kemudian Stadion Barombong, kemudian calon stadion utama kita (Sudiang). Itu dihubungkan dengan semua, dengan metro kapsul,” ujarnya pada wartawan, Rabu 13 Maret 2024.

Nantinya, rancangan kendaraan metro kapsul tersebut akan dibuat ramah lingkungan dengan menggunakan tenaga listrik.

Lebih lanjut, Danny juga menjelaskan alasannya memilih metro kapsul. Menurutnya, metro kapsul lebih bisa berakselerasi di jalan-jalan kota Makassar ketimbang transportasi publik seperti monorail.

“Kita tidak pakai monorail, karena monorail susah tikungannya, susah dia naik. Kalau metro kapsul kayak pete-pete sebenarnya. Tapi, kalau monorail tidak kayak pete-pete, ini kayak pete-pete,” ujarnya.

Ia melanjutkan, rel metro kapsul tersebut rencananya bakal dibangun secara melayang. Namun, ia belum dapat menjelaskan lebih rinci mengenai jumlah armada, investasi, dan hal-hal lainnya karena masih dikaji konsep pengembangannya.

Namun demikian dia memproyeksikan jika proyek tersebut akan menggandeng investor untuk penerapannya.Dia menegaskan metro kapsul menjadi proyek jangka panjang.

“Ini kan rencana jangka panjang, kemudian saya akan panggil metro kapsul, karena buatan dalam negeri ini. Metro kapsul, buat investasi baru kita tawarkan orang. Begitu, yang penting sudah ada kepastian dan konektivitas masuk di undang-undangnya,” tutur Danny.

Editor: Ramdha Mawadha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

46 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: