RT - readtimes.id

Jadi Tuan Rumah Pilmapres Nasional, Unhas Sambut 37 Mahasiswa Berprestasi

Readtimes.id– Universitas Hasanuddin (Unhas) mendapat kesempatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Tingkat Nasional yang berlangsung pada 24-28 Juli 2023.

Hari ini, Senin (24/7) malam berlangsung acara pembukaan di Auditorium Prof Amiruddin Fakultas Kedokteran. Pembukaan diawali dengan welcoming dinner di pelataran Auditorium.

Hadir dalam kegiatan ini Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen dan Talenta Kemendikbud Ristek, Tatang Muttaqin PhD, Ketua Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Asep Sukmayadi M.Si, dan tim dewan juri yang diketuai oleh Prof. Illah Sailah.

Sementara itu, dari Unhas hadir Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K), Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Abdullah Sanusi PhD beserta jajaran, para dekan dan wakil dekan bidang akademik dan kemahasiswaan fakultas, serta tim Pokja Prestasi dan Kewirausahaan.

Mengawali sambutan, Ketua Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Asep Sukmayadi M.Si mengatakan bahwa penyelenggaraan final kali ini diikuti 37 finalis dari 29 perguruan tinggi negeri maupun swasta seluruh Indonesia. Terdiri dari 19 finalis program Sarjana dan 18 finalis program Diploma.

Selain itu, tambahnya, ada 27 juri yang berpartisipasi pada ajang final ini yang merupakan dosen dari berbagai universitas dan profesional di berbagai bidang.

“Terima kasih, ini bisa terlaksana atas kerja sama Unhas yang sudah bersedia menjadi host pada penyelenggaraan tahun ini,” tambahnya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Prof. drg. Muhammad Ruslin, M.Kes., Ph.D., Sp.BM (K) dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada Unhas menjadi host atau tuan rumah penyelenggaraan Pilmapres tahun 2023.

“Atas nama pimpinan menghaturkan terima kasih atas kesempatan diberikan sebagai host. Dan pada kesempatan ini Alhamdulillah Unhas juga bisa meloloskan dua mahasiswa sebagai finalis untuk kategori Sarjana dan Diploma,” ujarnya.

Selanjutnya, Prof Ruslin mengucapkan Selamat kepada 37 mahasiswa yang menjadi finalis Pilmapres Tingkat Nasional 2023. Ia menyampaikan bahwa seluruh finalis sudah menjadi pemenang dan mereka semua yang akan memberi warna Indonesia Emas 2045.

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan sambutan sekaligus pembukaan secara resmi oleh Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen dan Talenta Kemendikbud Ristek Tatang Muttaqin PhD. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong yang didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unhas, Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Unhas dan Ketua Balai Pengembangan Talenta Indonesia.

“Penghargaan setinggi-tingginya kepada Unhas sebagai tuan rumah, terima kasih juga kepada seluruh juri yang akan berupaya keras karena memberikan nilai objektif itu tidak mudah,” ujar Tatang dalam sambutannya.

Kegiatan pembukaan kemudian dilanjutkan dengan pengenalan finalis untuk program sarjana dan diploma. Kemudian dilakukan pengalungan tanda peserta kepada dua perwakilan untuk program sarjana dan dua untuk program diploma. Tak lupa, pada pembukaan ini juga dilakukan pengenalan dewan juri.

Diketahui, Pilmapres adalah ajang talenta yang diadakan Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Kegiatan ini untuk mengapresiasi mahasiswa melalui karya unggulan dengan tujuan memajukan pembangunan Indonesia. Adapun sasaran kompetisi ini merupakan mahasiswa program Sarjana dan Diploma seluruh Indonesia yang diseleksi pada tingkat universitas dan wilayah.

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: