RT - readtimes.id

FKM Unhas Jadi Penanggung Jawab Survei Kesehatan Indonesia di Sulsel

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Hasanuddin (Unhas) terlibat dalam upaya mendukung pembangunan kesehatan Indonesia tahun 2023.

Keterlibatan tersebut ditandai dengan keikutsertaan para dosen dan alumni dalam kegiatan workshop Survei Kesehatan Indonesia (SKI) 2023 yang berlangsung pada Senin, 24 Juli 2023 di Kota Bogor.

Survei Kesehatan Indonesia 2023 adalah survei berkala untuk mengevaluasi hasil pembangunan kesehatan melalui indikator kesehatan masyarakat dalam RPJMN dan sebagai dasar perencanaan pembangunan kesehatan berikutnya.

Kegiatan SKI merupakan kegiatan integrasi antara Riskesdas tahun 2018 dengan Survei Status Gizi Indonesia tahun 2022.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk menilai status kesehatan masyarakat termasuk status gizi di Indonesia, menentukan Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) tingkat Kabupaten/Kota, memberikan gambaran permasalahan morbiditas dan faktor risiko pada tingkat nasional berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium.

“Saya berharap hasil dari kegiatan SKI 2023 ini dapat membantu dalam penyusunan program pembangunan kesehatan daerah yang dimulai dari tingkat kabupaten/kota hingga ke tingkat pusat,” jelas Prof Sukri selaku Dekan FKM Unhas.

Teknis pelaksanaan SKI 2023 terintegrasi dengan Studi Status Gizi Indonesia (SSGI) untuk mendukung kebijakan single survey di Kementerian Kesehatan.

Adapun pelaksanaan SKI bekerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) dalam hal metode dan kerangka sampel dengan proses mengumpulkan data secara spesifik yang akan dilaksanakan oleh tenaga pengumpul data dengan latar belakang minimal D3 kesehatan yang terdiri dari perawat, kesehatan lingkungan, bidan, gizi, kesehatan masyarakat, dan analis kesehatan.

Editor : Ramdha Mawaddha

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: