RT - readtimes.id

Jelang Pemilu, Pj Gubernur Sulsel Jalin Sinergitas dengan TNI/Polri

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan terus menjaga sinergitas dan kestabilan roda pemerintah serta sosial politik menjelang tahapan Pemilu. Kali ini Pj Gubernur Bahtiar Baharuddin mengawali tugas kunjungan dengan petinggi TNI/Polri.

Diawali dengan menemui Pangdam XIV Hasanuddin Mayjen TNI, Totok Imam Santoso di Kodam XIV Hasanuddin, dan melanjutkan lawatannya ke Kapolda Sulsel Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso di Polda Sulsel jalan pada Kamis 7 September 2023.

Dalam lawatannya ke petinggi TNI dan Polri di Sulsel ini, nampak penuh keakraban dan jalinan ini diharapkan dapat membangun suasana kondusif bagi roda pemerintahan.

“Kunjungan ke Pangdam XIV Hasanuddin dan Kapolda Sulawesi Selatan bukan hal yang baru sebab sudah pernah melakukan hal serupa saat menjadi Penjabat Gubernur Kepulauan Riau, dengan harapan lebih memperkuat sinergitas TNI/ Polri dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, terlebih menghadapi Pemilu,” paparnya.

Menurut Bahtiar, dalam menghadapi setiap tahapan Pemilu, dukungan TNI dan Polri sangat berperan penting dalam menjalankan amanah sebagai Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan selama setahun mendatang.

Pangdam XIV Hasanuddin, Totok Imam Santoso, juga mengungkap mengenai kesiapan jajaran TNI dalam menyongsong perhelatan Pemilu 2024 mendatang.

“Kami telah membentuk Posko dalam rangka mengamankan Pemilu 2024, yang dibangun di seluruh Korem sejajaran Kodam XIV Hasanuddin bahkan telah disiapkan ruangan pusat komando untuk memonitor kondisi daerah di wilayah kerja Kodam XIV Hasanuddin “, ungkap Totok.

Demikian juga Polri, Kapolda Sulawesi Selatan juga menitikberatkan pada situasi politik dan ekonomi nasional di mana Sulawesi Selatan menjadi barometer untuk Kawasan Indonesia Timur sehingga perlunya sinergitas Pemprov dengan kepolisian.

“Kami pun menyambut baik ajakan Pj. Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin untuk bersama-sama menjaga kondusivitas roda pemerintahan di daerah ini di tengah tahapan Pemilu yang telah dimulai”, jelas Kapolda.

Harapannya, dengan sinergitas antara TNI dan Polri netralitas antara lembaga pemerintah tetap terjaga baik jajaran TNI, jajaran Kepolisian maupun jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagaimana telah diatur dalam perundangan.

Selain langkah menjalin pertahanan politik menjelang Pemilu, Bahtiar juga menyoroti pertahanan ekonomi Sulsel dalam menghadapi inflasi global. Dia harap Sulsel mampu menekan dan mengendalikan laju inflasi serta menjaga produktivitas pertanian dalam menjaga ketahanan lokal maupun nasional. (TR)

Avatar

Dewi Purnamasakty

9 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: