RT - readtimes.id

Keluarga Brigadir J Kecewa Bharada E Tidak Dipecat Polri

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Polri telah memutuskan untuk tidak memecat Bharada Richard Eliezer dalam sidang kode etik yang dilaksanakan pada Rabu, 22 Februari 2023. Putusan tersebut nyatanya menuai kontra oleh ayah Brigadir J, Samuel Hutabarat.

Ia menyebut bahwa pihaknya hanya mendukung Bharada E sebagai justice collaborator sehingga kasus pembunuhan Brigadir J bisa terungkap.

“Dia (Bharada E) kami dukung karena sebagai justice collaborator. Kami ingin kasus pembunuhan anak kami terungkap. Kami dukung LPSK melindunginya supaya kasus terungkap, bukan dukung diterima lagi sebagai anggota Polri,” ujar Samuel pada Rabu, 22 Februari 2023.

Samuel menyebut bahwa kekecewaan pihaknya dikarenakan Bharada E merupakan orang yang menembak anaknya, meski Richard beralasan bahwa ia diperintah.

“Anak saya ditembak oleh dia. Bilang alasan diperintah. Jika diperintah, sebagai manusia dia tahu mana baik, mana buruknya, apalagi dia bukan robot. Kecuali robot, bisa disuruh-suruh apapun oleh operatornya. Sudah menembak, diterima lagi jadi Polri. Kami kecewa,” lanjut Samuel.

Sebelumnya, pada Sidang Kode Etik Polri (KKEP) yang digelar pada Rabu, 23 Februari 2023, Bharada E tetap bertahan di Polri. Sebagai hukuman atas keterlibatannya dalam kasus pembunuhan Brigadir J, ia diberi sanksi administratif berupa mutasi dan demosi selama satu tahun.

“Sanksi administratif bersifat mutasi dan demosi selama satu tahun,” ujar Karo Penmas Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan dalam konferensi pers, Rabu 22 Februari 2023.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: