RT - readtimes.id

Kemenpora RI Beri Motivasi Wirausaha kepada Mahasiswa Unhas

Readtimes.id — Universitas Hasanuddin melalui Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI menggelar Kuliah Kewirausahaan Pemuda untuk mahasiswa, Rabu 11 Oktober 2023 di Gedung Ipteks Unhas.

Kuliah kewirausahaan ini mengangkat tema “Raih Sukses dengan Berwirausaha di Kota Daeng”. Sekitar 300 mahasiswa hadir mengikuti kuliah kewirausahaan ini.

Kegiatan ini dihadiri Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Hendro Wicaksono dan Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Raden Isnanta.

Turut hadir mewakili Rektor Unhas, Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Unhas, Abdullah Sanusi PhD, Kasubdit Kemahasiswaan Muhammad Irdam Ferdiansyah PhD dan Tim Pokja Prestasi dan Kewirausahaan.

Kuliah Kewirausahaan Muda merupakan program Kemenpora yang bertujuan untuk membangun mindset pemuda dan menumbuhkan minat wirausaha untuk terus berwirausaha, khususnya mahasiswa agar tidak lagi sebagai pencari kerja tapi pencipta lapangan kerja.

Dalam sambutannya, Abdullah Sanusi PhD memaparkan bahwa Unhas punya Program Wirausaha Mahasiswa (PMW) yang rutin dilaksanakan setiap tahun dengan skema bantuan dana dari internal Unhas.

Selain itu mahasiswa Unhas juga aktif mengikuti ajang pengembangan wirausaha yang diselenggarakan Kemendikbudristek, serta BUMN-BUMN yang juga rutin mengadakan event kewirausahaan.

“Saat ini untuk pengembangan mahasiswa wirausaha kami fokus pada kuantitas. Kurang lebih dana yang disiapkan Unhas Rp1 miliar untuk pengembangan kewirausahaan. Ini juga merupakan bagian dari upaya meningkatkan Indikator Kinerja Utama di mana target yang diberikan kementerian adalah minimal 10 persen untuk mahasiswa wirausaha,” jelasnya.

Melalui kegiatan ini, Abdullah Sanusi berharap mahasiswa Unhas mendapatkan wawasan dan motivasi bahwa berwirausaha dapat menjadi pilihan karir selain menjadi karyawan.

“Unhas siap berkolaborasi mengembangkan kewirausahan dan menjadi bagian dari solusi untuk upaya memajukan pemuda bersama Kemenpora,” tutupnya.

Sementara itu, Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pemuda Kemenpora RI Hendro Wicaksono menyampaikan bahwa tugas pokok Kemenpora adalah menggairahkan memotivasi berwirausaha.

“Kesempatan sukses bukan hanya milik mahasiswa cerdas dengan predikat cumlaude, tapi dengan pengembangan kreativitas, semua mahasiswa berkesempatan sukses dengan berwirausaha,” jelasnya.

Lebih lanjut ia menyampaikan bahwa Unhas merupakan salah satu dari tiga kampus yang sudah menyepakati kerja sama dengan Kemenpora. Ia berharap dengan kegiatan ini mahasiswa Unhas lebih banyak yang berwirausaha.

“Perekonomian negara maju ditopang dengan banyaknya wirausaha. Wacana kewirausahan ini bila terus dikembangkan maka akan menggenjot perekonomian Indonesia,” pungkasnya.

Selanjutnya, para peserta mendengarkan talkshow dari pembicara-pembicara hebat dari kalangan pengusaha. Hadir membagikan kisah suksesnya, Ardiansyah Pimpinan PT Pegadaian Cabang Tamalanrea dan M Nasrul Munir selaku Founder dan Owner Caha Desa.

Selain itu hadir juga memberikan motivasi kepada peserta Komisaris Utama PT Mina Laut Indonesia, Fikrang, dan Ketua Inkubator Teknologi dan Bisnis Fakultas Teknik Unhas, Prof Indrabayu.

Editor : Ramdha Mawadda

Avatar

Dewi Purnamasakty

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: