RT - readtimes.id

Ketua Kadin Donggala Gagas Desa Tamarenja Jadi Pusat Pembelajaran Budidaya Jagung

Readtimes.id– Ketua Kadin Donggala Dr. Rahmad M. Arsyad mengusulkan agar desa Tamarenja, Kecamatan Sindue Tobata, Sulawesi Tengah jadi pusat pembelajaran budidaya jagung.

Gagasan tersebut disampaikannya ketika
melakukan penanaman jagung di Desa Tamarenja bersama kelompok tani dan PT Syngenta Indonesia.

Menurutnya ada tiga alasan mengapa Desa Tamarenja bisa menjadi pusat pembelajaran budidaya jagung bagi Donggala bahkan Sulawesi Tengah.

“Pertama, di desa ini sudah dua kali panen jagung yang hasilnya mampu di atas rata-rata nasional, yakni mencapai 7 ton per hektar. Sementara rata-rata nasional produksi jagung berada di angka 5 ton per hektar,” ujar Rahmad pada readtimes.id, Kamis 8 Juni 2023.

Kedua, selama ini petani Tamarenja sudah mulai adaptif akan teknik budidaya jagung berbasis Good Agriculture Practice (GAP) yang selama ini menjadi standar budidaya jagung.

Ketiga, lokasi Tamarenja potensial menjadi sarana pembelajaran karena mewakili ciri kontur bentang alam dan tanah Sulawesi tengah.

“Insya Allah, segala niat dan gagasan baik, apalagi untuk bisa berkontribusi bagi kesejahteraan dan ekonomi petani akan kami laksanakan,” tutup Rahmad M Arsyad.

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: