RT - readtimes.id

KPK Wacanakan Kepala Daerah di Sejumlah Wilayah Sebaiknya Ditunjuk, Bukan Dipilih Rakyat

Readtimes.id– Wakil Ketua KPK Alexander Marwata mengusulkan agar sejumlah wilayah tidak menggelar pilkada. Adapun kepala daerahnya nanti ditunjuk oleh pusat.

Menurutnya, masyarakat di beberapa daerah belum siap memilih kepala daerah secara langsung sehingga pilkada yang digelar sejauh ini belum bisa menghasilkan kepala daerah yang memiliki integritas dan kapabilitas.

“Saya yakin jauh lebih efektif, jauh lebih efisien ketika kepala daerah di daerah-daerah yang belum siap masyarakatnya pilkada langsung itu kalau kepala daerahnya itu ditunjuk langsung,” kata Alex saat menyampaikan refleksi dalam Puncak Peringatan Hakordia Kemenkeu Tahun 2022 sebagaimana dikutip dari YouTube Kemenkeu RI pada Rabu, (14/12).

Alex menuturkan jika pelaksanaan pemilu terus seperti waktu-waktu sebelumnya, persoalan korupsi di pemerintahan tidak akan selesai.

“Apa sih yang menyebabkan para kepala daerah itu kemudian terjerat korupsi? Apa sih kemudian pembangunan di daerah itu juga kurang memberikan dampak kesejahteraan masyarakat?” ujar Alex.

Alex mengatakan, penunjukan kepala daerah secara langsung memiliki kelebihan karena dapat dievaluasi secara berkala dan jika tidak mampu menyelesaikan masalah di daerah, maka diberhentikan dari jabatannya.

“Tinggal tunjuk saja. Kan manajer yang baik, gaji tiap bulan Rp500 juta, enggak perform satu tahun ganti, pecat, selesai. Kalau sekarang kan nggak. Nunggu diganti, lima tahun waktunya habis,” kata Alexander.

Avatar

Nihlah Qolby

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: