RT - readtimes.id

KPU Bantaeng Buka Suara Soal Perolehan Suara PSI yang Meroket

Foto: Ona/Readtimes

Readtimes.id– Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bantaeng buka suara soal informasi peroleh suara Partai Solidaritas Indonesia (PSI) yang melonjak naik.

Sebelumnya beredar luas informasi tentang suara PSI yang mengalami lonjakan menjadi 3.862 suara.

Anggota KPU Bantaeng, Ahmad Makmur mengatakan bahwa data tersebut berasal dari Infopemilu. Sedangkan data sebenarnya, suara PSI hanya 1.986 suara.

“Faktanya bahwa perolehan suara partai hanya 1.986, itu data yang ada di Sirekap. Yang tampil di infopemilu itu 3.862 suara. Jadi kekeliruannya di situ,” kata Ahmad Makmur pada wartawan di Hotel Claro, Makassar, Senin 4 Maret 2024.

Kordiv Hukum dan Pengawasan ini menuturkan, kekeliruan itu telah dilakukan koreksi secara berjenjang di bawah. Semua data yang janggal juga sudah diperbaiki secara detail, yang disaksikan langsung oleh Bawaslu pada saat rekapitulasi suara tingkat provinsi.

“Sudah disampaikan ke KPU Sulsel dan diperlihatkan kepada saksi untuk pembuktian riilnya sesuai fakta di lapangan yang dilihat dan diperiksa langsung oleh Bawaslu Sulsel saat rekapitulasi suara tingkat provinsi,” imbuhnya.

Menyoal data infopemilu yang juga merupakan basis datanya KPU sendiri , Ahmad Makmur mengungkapkan bahwa data di infopemilu memang tidak terupdate atau terlambat dalam membaca hasil Sirekap. Di sisi lain bahwa data faktualnya ada pada Fom D.

“Tadi sudah disepakati bahwa dalam rangka yang menjadi fakta yang kita lihat adalah D hasil tingkat kabupaten dan tentunya Sirekap karena ditampilkan C Plano atau C hasil. Jadi data yang benar hanya 1.986 suara,” tukas Ahmad Makmur.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: