RT - readtimes.id

KPU Sulsel Rencanakan Debat Pilgub Dilaksanakan di Luar Makassar

Readtimes.id– Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Sulawesi Selatan (Sulsel) merencanakan debat Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur dilaksanakan di luar Kota Makassar. Adapun 3 daerah yang akan menjadi lokasi debat yaitu Kota Parepare, Palopo, dan Kabupaten Bulukumba.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Komisioner KPU Sulsel, Hasruddin Husein, saat kegiatan Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Cafe Demokrasi Pilkada Serentak 2024 di salah satu Cafe di Makassar, Senin (8/7/2024).

“Pertama Bulukumba, kemudian Palopo, yang ketiga Parepare sendiri yang merupakan titik tengah,” ujar Hasruddin.

Hasruddin mengatakan, tiga daerah tersebut mampu menjadi representasi dari 24 kabupaten/kota yang ada di Sulsel. Adapun alasan lain adalah untuk menunjukkan bahwa wilayah Sulsel tidak hanya berpusat di Makassar.

“Debat itu bukan hanya tentang Makassar, tapi ada daerah lain,” ujarnya.

Hasruddin optimis pelaksanaan di tiga daerah itu tidak akan menemui kendala jika direncanakan dengan baik. Pihaknya mengatakan akan menjalin koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Polda Sulsel untuk pengamanan.

“Kami akan berkoordinasi dengan kepolisian, dalam hal ini Polda, kami akan berkoordinasi dengan kepolisian masing-masing kabupaten/kota,” jelasnya.

Selain itu KPU Sulsel juga rencananya akan menggandeng lembaga penyiaran untuk membahas persiapannya secara teknis.

“Debat masuk dalam tahapan kampanye, itu nanti di bulan Oktober-November, kurang lebih 60 hari. Tetap berharap bahwa dengan pola terintegrasi KPU Sulsel dengan 24 kabupaten/kota, termasuk debat ini, juga harus terintegrasi satu sama lain, tidak boleh saling tumpang tindih,” ujarnya.

Pada kesempatan ini Hasruddin juga mengungkapkan dia tak memungkiri masih ada pertimbangan lainnya ke depan soal penetapan lokasi debat. Misalnya, basis bakal calon tetap akan dipertimbangkan untuk dihindari.

“Itu salah satu syarat sebenarnya, jangan sampai walaupun dalam kegiatan debat itu tidak ada isu strategis diatur tapi ya mitigasi kehati-hatian dari KPU. Bagaimana agar bisa memberikan perlakuan yang sama terhadap bakal calon,” ucap Hasruddin.

Sementara itu untuk debat pemilihan Bupati dan Walikota akan tetap dilaksanakan di daerah masing-masing yakni di 24 Kabupaten/Kota di
Sulawesi Selatan. KPU Sulsel berharap dengan demikian informasi soal Pilkada sampai di seluruh wilayah di Sulsel.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: