RT - readtimes.id

KTT G20 Resmi Ditutup, Presiden Jokowi Serahkan Presidensi 2023 ke PM India

Doc. Sekretariat Presiden

Readtimes.id- Gelaran puncak G20 akhirnya resmi ditutup oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bali pada Rabu, 16 November 2022. KTT G20 kali ini menghasilkan deklarasi bersama.

“Alhamdulillah, kita dapat mengadopsi dan mengesahkan G20 Bali Leaders Declaration hari ini. Ini adalah deklarasi pertama yang dapat diwujudkan sejak Februari 2022,” ujar Jokowi dalam pidatonya.

Presiden juga berujar bahwa ada berbagai tantangan yang dapat menjadi hambatan bagi proses pemulihan. Menurutnya, hal tersebut bisa saja menjerumuskan dunia ke dalam kondisi krisis.

Selain menghasilkan deklarasi, pelaksanaan puncak G20 di Bali ini juga membuahkan concrete deverovabel yang berisi daftar proyek kerja sama. Menurut Jokowi, proyek kerja sama tersebut bisa membantu untuk membumikan hasil pembahasan G20 Bali agar dapat lebih dekat kepada masyarakat.

Pada sidang penutupan G20 di Bali, Presiden Jokowi juga menyerahkan gelar presidensi G20 selanjutnya ke Perdana Menteri India, Narendra Modi. Adapun pelaksanaannya bakal dihelat tahun depan.

“Menandai berakhirnya presidensi Indonesia di G20, saya akan menyerahkan tampuk kepemimpinan kepada India selaku presidensi G20 berikutnya,” papar Jokowi pada pidatonya.

Ia yakin di bawah kepemimpinan Modi, G20 akan terus bergerak ke arah yang baik. Ia juga menegaskan bahwa Indonesia siap membantu presidensi G20 di India tahun depan.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: