RT - readtimes.id

LSKP Rilis Hasil Penelitian Terkait Urban Waste Management di Maccini Sombala

Readtimes.id– Lembaga Studi Kebijakan Publik Makassar mengadakan seminar hasil penelitian yang bernama Urban Waste Management Studi pada Jumat, 1 Juli 2022.

Kegiatan yang berlangsung di Grand Hotel Sayang Park ini dihadiri oleh berbagai pihak yaitu lurah Maccini Sombala, Kapus Puskesmas Maccini Sombala dan perwakilan dari seluruh RT dan RW Maccini Sombala.

Seminar hasil penelitian ini menjadi rangkaian akhir dalam penelitian yang telah dilakukan sejak Januari hingga Maret 2022. Penelitian Urban Waste Management Studi ini berfokus pada permasalahan kesehatan dan lingkungan terutama pengelolaan sampah. Program ini bekerjasama dengan USAID, JSI dan IOM dengan menggandeng pihak pemerintah Kota Makassar.

Menurut Direktur LSKP A. Yudha Yunus, penelitian ini bertujuan untuk memotret situasi yang terjadi di Maccini Sombala dan hasil penelitian yang didapatkan dapat menjadi rekomendasi program dalam mengatasi permasalahan kesehatan dan lingkungan utamanya pengelolaan sampah Kota Makassar.

Penelitian ini menggunakan metode Participatory Rural Appraisal (PRA) dan survei (kuesioner). Penelitian yang melibatkan masyarakat secara aktif ini memberikan hasil yang menarik dimana 77% masyarakat mengelola air minum sebelum dikonsumsi, ini adalah sebuah kebiasaan yang baik yang dapat dikembangkan oleh masyarakat.

Adapun terkait dengan sampah 60 % sampah yang dihasilkan oleh masyarakat adalah sampah rumah tangga, sementara sisanya berasal dari sampah plastik, kertas, dan kayu.

Sementara itu untuk kondisi kesehatan warga kelurahan Maccini Sombala melalui hasil riset juga dapat dikatakan mayoritasnya sehat.

Saddam Musma, S.STP., M.Si. selaku lurah, memberikan apresiasi terhadap program penelitian ini, beliau berharap semoga hasil penelitian ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terutama warga Maccini Sombala dalam pengelolaan sampah dengan baik.

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Nihlah Qolby

1 Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: