RT - readtimes.id

Ma’ REFAT Institute Dorong Pengimplementasian Nilai Pancasila dalam Perencanaan Kebijakan Publik

Readtimes.id– Penerapan nilai-nilai Pancasila dalam setiap perumusan kebijakan publik menjadi catatan penting dalam Ma’REFAT Informal Meeting sesi 3
yang digelar pada minggu, 25 Juni 2023.

Peneliti dan Direktur Eksekutif Ma’REFAT Institute, Mohammad Muttaqin Azikin memandang hal ini penting untuk mewujudkan sebuah kebijakan publik yang berpihak pada kepentingan publik dan bukan individu atau golongan.

“Sebuah kebijakan publik yang mengimplementasikan nilai-nilai pancasila tidak mungkin agak digugat seperti yang sudah- sudah. Karena di dalamnya didasari oleh keadilan dan kemanusiaan,” ujarnya disela-sela diskusi.

Dia juga menyoroti spesifik terkait tata ruang publik yang belum menjadikan Pancasila sebagai landasan filosofis etis dalam pembangunannya sehingga hanya menguntungkan segelintir pihak seperti yang kemudian terjadi di Kota Makassar.

Menurutnya jalan-jalan di Makassar tidak menyiapkan ruang yang cukup untuk pejalan kaki dan hanya menguntungkan pengendara motor.

Begitu pula kasus reklamasi yang meminggirkan hak- hak nelayan di pulau sekitar Makassar seperti di Kodingareng yang berdampak pada turunnya pendapatan nelayan.

Selain Muttaqin, adalah pengkaji Pancasila sekaligus alumni Lemhannas, Zulkarnain Hamson yang juga menyampaikan pandangannya. Dia memandang penanaman nilai-nilai Pancasila bahkan harus ditanamkan sejak kecil bukan ketika setelah memasuki perguruan tinggi atau bahkan ketika seseorang berperan sebagai pemangku kebijakan.

Lebih dari itu sosok wartawan senior ini juga menyoroti terkait peran pendidikan tinggi yang dikenal sebagai benteng moral yang harusnya mendekatkan Pancasila dengan masyarakat justru tidak mampu menjalankan fungsi tersebut karena elit pemikir mereka mati.

“Masyarakat kita hari ini kehilangan elit pemikir saudara-saudara sekalian . Kampus yang seharusnya menjadi tempat dimana elit-elit pemikir itu ada sekarang hanya ramai menjadi tempat jual beli gelar,” tambahnya.

Menurutnya kondisi mengkhawatirkan itu bahkan tidak hanya terjadi di kampus saja melainkan juga di lembaga yang ditugaskan untuk membumikan nilai-nilai pancasila seperti Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Menurutnya ini harus menjadi perhatian bersama karena jika tidak negara Indonesia akan jauh dari sesuatu yang dijadikannya sebagai dasar kehidupan berbangsa dan bernegara yakni Pancasila.

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: