RT - readtimes.id

Mendag Ungkap Alasan Beras Naik Usai Pemilu

Doc. Istimewa

Readtimes.id– Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan (Zulhas) meninjau sejumlah ritel di Jakarta pada Senin (19/2). Dalam kunjungannya tersebut, ia mengaku menemukan kenaikan harga beras premium.

“Saya mengecek beras, di pasar ritel modern memang supplier untuk (beras) premium harganya sudah naik. Jadi sebagian ritel modern tidak ambil, karena belinya sudah di atas HET (harga eceran tertinggi). Ada sebagian ritel tetap ambil, tapi jualnya di atas HET,” ujarnya kepada wartawan.

Lebih lanjut, ia menjelaskan terkait penyebab naiknya harga beras kualitas premium. Menurutnya, hal tersebut diakibatkan pasokan dan permintaan yang tak berimbang serta kondisi El Nino yang sebabkan masa tanam dan panen mundur.

“Kenapa harga beras premium naik? Soal supply dan demand. Tadi sebagian besar berpendapat ‘Pak kok setelah pemilu barang-barang naik ya. Setelah pemilu malah barang-barang naik’. Nanti kenapanya kita cari. Yang kedua, tentu El Nino, panen kita mundur itu suplainya berkurang,” sambungnya.

Menurut Zulhas, kenaikan harga pada beras premium juga membuat konsumen banyak yang beralih ke beras stabilisasi pasokan harga pasar (SPHP). Ia menyebut peralihan ini membuat stok beras SPHP di pasaran cepat habis. Oleh sebab itu, kata Zulhas, dirinya bersama pemerintah akan merapatkan lebih lanjut terkait persoalan ini.

“Nah ada sebagian karena ini mahal, pindahnya banyak ke SPHP, sehingga SPHP cepat habis. Kan tadinya nggak beli beras SPHP belinya beras premium. karena premiumnya naik, jadi pindah ke SPHP, akhirnya SPHP cepat habis. Jadi di sana-sini ada kurang, ada yang masih ada, ada yang kurang. Inilah nanti yang akan kita rapatkan, agar nanti suplainya itu bisa ditambah,” pungkasnya. (MR)

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Dewi Purnamasakty

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: