RT - readtimes.id

Mendagri Tito Karnavian Beri Teguran ke Bupati Meranti Usai Sebut Kemenkeu Iblis

Doc: Kemendagri

Readtimes.id– Bupati Kepulauan Meranti, Muhammad Adil mendapatkan teguran keras dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian usai menyebut Kementerian Keuangan (Kemenkeu) diisi oleh iblis atau setan karena kesal.

Diketahui hal ini bermula dari Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengelolaan Pendapatan dan Belanja Daerah di Pekanbaru beberapa waktu lalu, Adil menyatakan kesal kepada Kemenkeu karena dana bagi hasil (DBH) yang diterima wilayahnya yaitu Kepulauan Meranti tidak sesuai kendati daerah tersebut merupakan penghasil minyak dan gas (migas).

“Mendagri menegur keras sekaligus menegaskan bahwa sebagai kepala daerah, apapun masalahnya harus menggunakan bahasa yang beretika dan menunjukkan sikap kenegarawan,” jelas Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro pada Selasa dalam keterangan tertulisnya pada, Selasa (13/12).

Sebelumnya Kemendagri sengaja memanggil Adil dan melakukan pertemuan pada hari Senin,(12/12) pukul 10.30 WIB.

Dalam pertemuan itu, Suhajar mengatakan dirinya juga menegur Adil. Sebab, pernyataan Adil telah menimbulkan kisruh. Menurutnya sebagai pejabat publik, seharusnya Adil memberikan teladan bagi masyarakat.

Adapun terkait pembagian DBH, pihaknya akan memfasilitasi pertemuan dan pembahasan lebih lanjut antara Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dengan Kemenkeu, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), maupun dengan pihak terkait lainnya.

“Kami akan memfasilitasinya agar permasalahan mengenai DBH dapat terselesaikan dengan baik,” tutur Suhajar

Editor: Ramdha Mawaddha

Avatar

Jabal Rachmat Hidayatullah

Tambahkan Komentar

Follow Kami

Jangan biarkan infomasi penting dan mendalam dari kami terlewatkan! Ikuti sosmed kami: